Kompas.com - 18/05/2021, 13:44 WIB

KOMPAS.com - Orang-orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan sering mengeluh karena bobotnya tak kunjung turun. Namun, menaikkan berat badan tak kalah susahnya bagi orang-orang yang berat badannya kurang (underweight).

Sebelumnya, ingatlah bahwa menaikkan berat badan, sama seperti menurunkan berat badan, sifatnya personal dan tubuh setiap orang bisa berbeda-beda.

Jadi, jika menginginkan hasil yang paling tepat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Berat badan susah naik bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari penyebab sederhana seperti asupan makan yang kurang, faktor genetik, hingga masalah kesehatan yang mendasari.

Berikut beberapa penyebab berat badan susah naik yang perlu diketahui:

1. Makan makanan tidak sehat

Ketika ingin menambah berat badan, salah satu saran umumnya adalah menambah asupan kalori.

Namun, salah satu kesalahan umum yang dilakukan adalah orang asal menambah asupan kalori tanpa memerhatikan kualitas makanan yang diasup.

Salah satu pendiri Soho Stregth Lab dan penasihat di Naked Nutrition, Albert Matheny, CSCS menjelaskan kepada Buzzfeed bahwa hal pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin menambah berat badan adalah apakah kita menambah otot atau menambah lemak.

Menurutnya, cara menaikkan berat badan paling sehat adalah membentuk otot tanpa lemak. Artinya, ketika menambah asupan makanan, kita juga harus sadar dengan apa yang kita makan.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi, seperti makanan tinggi protein, lemak, dan karbohidrat, serta menjauhi makanan tinggi gula.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.