Kompas.com - 18/05/2021, 18:24 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Diet rendah lemak pada pria ternyata menurunkan produksi testosteron hingga 10-15 persen.

Demikian kesimpulan dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of Worcester, Inggris, dan hasilnya diterbitkan dalam Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology.

Padahal, kadar testosteron yang optimal sangat penting untuk kesehatan pria.

Baca juga: 13 Tanda Testosteron Rendah, Pria Perlu Tahu

Sebaliknya, kadar testosteron yang rendah terkait dengan risiko penyakit jantung, diabetes, dan alzheimer yang lebih tinggi.

Kadar testosteron yang optimal pun merupakan kunci untuk performa kebugaran fisik, kesehatan mental, dan juga kesehatan seksual pria.

Sejak tahun 1970-an, sudah terjadi penurunan kadar testosteron rata-rata pria, dan tingkat hipogonadisme (testosteron rendah secara medis) pun meningkat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Strategi diet dengan risiko rendah bisa menjadi pengobatan yang baik untuk masalah testosteron rendah semacam ini.

Disebutkan, penelitian memiliki tinjauan sistematis dan meta-analisis yang menggabungkan hasil dari enam studi terkontrol dengan total 206 responden.

Riset ini pertama-tama menempatkan pria pada diet tinggi lemak  (40 persen lemak), dan kemudian memindahkan mereka ke diet rendah lemak (20 persen lemak).

Baca juga: 7 Makanan Penambah Hormon Testosteron untuk Pria

Dari sana ditemukan kadar testosteron mereka menurun lantas rata-rata 10-15 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X