Kompas.com - 18/05/2021, 18:46 WIB
Aplikasikan hand cream rutin agar tangan jauh dari keriput Unsplash/Nataliya MelnychuAplikasikan hand cream rutin agar tangan jauh dari keriput

KOMPAS.com - Hand cream atau krim tangan menjadi produk andalan selama pandemi ini untuk menjaga kelembaban kulit setelah berulang kali menggunakan sanitizer.

Kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan selama pandemi Civid-19 untuk menekan penyebarannya. Salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Sayangnya, pembersih tangan yang praktis ini mengandung alkohol sehingga membuat telapak tangan terasa kering.

Baca juga: Cuci Tangan Pakai Sabun, Sederhana tapi Berdampak Besar

Bagi beberapa orang yang sensitif, dampaknya bahkan bisa membuat kulit pecah-pecah dan terasa perih.

Untuk mengobatinya, krim pelembab tangan sangat dianjurkan untuk dipakai secara rutin. Tak heran semua brand kini berlomba memproduksi hand cream dengan berbagai kandungan dan aroma.

Belakangan muncul produk hand cream dengan kandungan SPF yang diklaim dapat menjaga kulit dari sengatan matahari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, apakah kita benar-benar membutuhkannya atau itu hanya strategi industri dalam menciptakan pasar baru?

Baca juga: Cari Tahu Karakter Pasangan Lewat Gaya Pegangan Tangan

Tangan selama ini memang jarang mendapatkan perlindungan tabir surya dibandingkan kulit di area lainnya. Namun sebenarnya kebutuhannya akan SPF sama saja dengan bagian tubuh lainnya seperti wajah dan leher. 

Apalagi tangan lebih sering terpapar sinar matahari misalnya saja mengemudi, berolahraga di luar ruangan dan berbagai aktivitas lainnya.

Seringkali, tangan dapat menunjukkan usia sebenarnya seseorang karena kondisinya yang lebih jujur. Pasalnya, orang menggunakan krim anti penuaan atau treatment kosmetik untuk wajah dan leher sehingga mampu menjaga kondisi kulit.

Joshua Zeichner, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York mengatakan semua produk apapun dengan kandungan SPF sangat dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Ketahui Kadar SPF Minimal dalam Tabir Surya

Hal ini termasuk pula hand cream yang juga memiliki manfaat tabir surya. “Krim tangan dengan SPF cenderung memiliki tekstur yang lebih kaya dengan tujuan melembabkan dan memperbaiki kulit kasar di tangan,” kata Dr. Zeichner.

Meskipun kandungannya tidak sekaya foundation ber-SPF, ia berpendapat fungsinya sudah sangat memadai untuk kebutuhan kulit tangan. Tentu saja penggunaanya harus disesuaikan dengan aturan dan jumlah yang dibutuhkan.

Baca juga: Tabir Surya atau Kosmetik Mengandung SPF, Mana Lebih Efektif? 

 

 



Sumber ELLE
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X