Kompas.com - 20/05/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa dari makanan yang kita konsumsi mungkin saja baik untuk kesehatan namun, belum tentu makanan tersebut juga berdampak baik untuk lingkungan.

Melansir Real Simple, berikut ini adalah 5 makanan yang tak hanya sehat, namun juga berdampak baik untuk bumi:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sawi bisa jadi sumber serat dan vitamin yang penting.

Faktanya sayuran hijau juga dianggap sebagai salah satu makanan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sebab, sayuran hijau hanya membutuhkan sumber daya yang minimal atau sedikit untuk menghasilkan panenan dalam jumlah yang besar. 

Baca juga: Tak Perlu Beli, 6 Jenis Sayuran Ini Gampang Ditanam di Rumah

2. Jamur

World Wildlife Fund (WWF) mengungkapkan bahwa jamur bisa hidup dimana saja, bahkan di tempat yang dibuat dari produk yang didaur ulang dari tanaman lain.

Sebuah laporan tahun 2017 yang dibuat oleh Mushroom Council menilai dampak lingkungan dari pertumbuhan jamur selama dua tahun.

Mereka menemukan bahwa produksi 500 gram jamur membutuhkan air dan energi yang jauh lebih sedikit daripada kebanyakan tanaman lainnya, dengan tingkat emisi karbon dioksida yang juga rendah.

500 gram jamur kancing hanya membutuhkan 2 galon air untuk diproduksi, jauh lebih sedikit daripada rata-rata 50 galon air untuk 500 gram produk segar lainnya.

Dengan lebih dari 2.000 varietas jamur yang dapat dimakan, rasa yang enak, dan kaya akan nilai gizi seperti protein dan serat, jamur adalah bahan pangan yang ideal.

Baca juga: Ketahui, 7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber realsimple
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.