Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pengendalian Diri untuk Cegah Penggunaan Internet Bermasalah

Kompas.com - 20/05/2021, 08:20 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Hartinah Dinata, Sri Tiatri, dan Pamela Hendra Heng

AKHIR-AKHIR ini kita sering menggunakan internet sebagai sarana kita melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar dan bekerja.

Selain itu, kita juga menggunakan internet untuk menikmati hiburan. Di antara penggunaan internet dengan tujuan yang beragam, kita perlu mewaspadai penggunaan internet bermasalah.

Penggunaan internet bermasalah merupakan hal yang umum terjadi pada remaja (Mei, Yau, Chai, Guo, & Potenza, 2016).

Berikut ilustrasi fiksi agar menambah pemahaman mengenai penggunaan internet yang bermasalah.

Ambillah contoh seorang mahasiswa yang gemar membuka media sosial. Sejak bangun tidur hingga tidur kembali, ia selalu memegang ponsel di tangannya.

Baca juga: Konten Viral Tenaga Kesehatan dan Kode Etik di Media Sosial

Ia membuka media sosial dan membanding-bandingkan dirinya dengan teman-temannya di media sosial. Ia merasa dirinya bukan apa-apa bila dibandingkan dengan pencapaian teman-temannya.

Bukan hanya itu, mahasiswa itu juga merasa sedih sepanjang hari dan mengabaikan tugas-tugas kuliahnya, bahkan tidak merawat diri.

Pikirannya dipenuhi keinginan untuk online, tidak bisa jauh dari ponsel. Yang biasanya mandi dua kali sehari, kini menjadi lupa mandi, lupa makan, dan tidur larut malam.

Prestasinya pun menurun. Ia mengabaikan pesan dari teman-temannya mengenai tugas atau hanya memberikan sedikit kontribusi dalam pekerjaan kelompok.

Baca juga: 5 Tanda Kita Butuh Jeda Media Sosial

Penggunaan internet seperti itu termasuk dalam penggunaan internet bermasalah karena ia sudah terobsesi dan tidak mampu mengendalikan penggunaan internetnya.

Selain itu, dengan menggunakan internet, ia mengabaikan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dan menyebabkan konsekuensi negatif berupa prestasi merosot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com