Kompas.com - 21/05/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi mentimun, mengupas kulit mentimun. SHUTTERSTOCK/SWAPAN PHOTOGRAPHYIlustrasi mentimun, mengupas kulit mentimun.

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan ketimun? Dalam banyak menu makanan yang kita santap, ketimun atau mentimun kerap hadir menghiasi "hidangan".

Tapi sayangnya, kehadiran ketimun hanya sebatas sebagai pemanis, dan kerap dilupakan.

Padahal, makanan yang secara botani tergolong sebagai buah-buahan dan bukan sayuran, tergolong sebagai salah satu makanan super dengan segudang manfaat sehat. 

Baca juga: Kenapa Kucing Takut dengan Mentimun?

Mentimun kaya dengan kandungan antioksidan, senyawa bioaktif, serta mikro dan makronutrien berlimpah.

Dengan kandungan sekaya itu, kita mungkin terkejut ketika menyadari efek positif luar biasa yang bisa terjadi pada tubuh saat terbiasa menyantap ketimun.

1. Hidrasi

Mentimun mengandung sekitar 95 persen air —114 gram air per 120 gram ketimun padat, menurut data United States Department of Agriculture (USDA).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketimun juga merupakan sumber kecil dari dua elektrolit, kalium dan magnesium.

Artinya dengan satu cup mentimun menyajikan hingga empat persen dari nilai harian untuk masing-masing elektrolit.

Jadi, mentimun amat baik unutk dipakai sebagai camilan yang mampu menghidrasi atau menyantapnya bersama yogurt untuk gigitan yang kaya protein dan menyegarkan.

2. Asupan vitamin K

Mentimun juga adalah sumber vitamin K -vitamin yang larut dalam lemak yang merupakan kunci dalam sintesis protein, pembekuan darah, dan pertumbuhan tulang.

Baca juga: Mentimun Dingin Bukan Solusi Atasi Kulit Hitam di Bawah Mata

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X