Kompas.com - 21/05/2021, 10:14 WIB
Aktor dan penyanyi Billy Porter ketika menghadiri malm penganugerahan Oscar, Minggu (24/2/2019) malam waktu setempat. Twitter @theebillyporterAktor dan penyanyi Billy Porter ketika menghadiri malm penganugerahan Oscar, Minggu (24/2/2019) malam waktu setempat.

KOMPAS.com – Aktor Billy Porter membuat pengakuan mengejutkan. Bintang serial Pose tersebut mengungkap bahwa ia terdiagnosis HIV sejak tahun 2007. Sejak saat itu ia menyimpan rahasianya.

“Aku selalu dites setiap 6 bulan, sesuai anjuran. Kemudian suatu hari setelah hasil tes keluar dokter memandangku, aku langsung ‘tidak’, ‘tidak’. Dokter berkata, ‘hasil tes kamu positif,” kata Porter menceritakan pengalamannya kepada The Hollywood Reporter.

Porter mengatakan, ia harus menerima kenyataan pahit tersebut pada tahun yang sama dengan ia didiagnosis diabetes melitus.

Diagnosis HIV memang tidak membuat kariernya berakhir, tetapi Porter mengatakan harus menutupi rasa malunya.

Baca juga: Billy Porter Kembali Tampil Heboh dengan Gaun Keemasan

Namun, akhirnya ia memilih untuk membuka diri. Seperti karakter Pray Tell yang ia perankan dalam serial Pose, Porter pun harus menghadapi stigma orang dengan HIV-AIDS.

Apa maksud positif HIV?

HIV atau human ummunodeficiency virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika tidak ditangani, penyakit ini akan berkembang menjadi AIDS yaitu kondisi kerusakan sistem imun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mayoritas orang terinfeksi HIV melalui hubungan seksual yang tidak aman atau pun berbagi jarum suntik yang tidak steril.

Ada beberapa cairan tubuh yang bisa menularkan HIV, yaitu darah, air mani, cairan vagina, cairan rektal, serta ASI. Tetapi, harus ada kontak langsung antara cairan itu dengan membran mukosa, luka yang terbuka, atau aliran darah.

Baca juga: Awas, Ini Penyebab Ibu Rumah Tangga Rentan Terkena HIV

HIV sendiri memiliki tiga tahap dan masing-masingnya punya gejala unik. Beberapa pasien mungkin tidak pernah merasa sakit sama sekali, yang berarti tes rutin diperlukan untuk mendeteksi sebelum virusnya berkembang.

Mereka yang melakukan hubungan seksual beresiko, seperti bergonta-ganti pasangan, melakukan seks anal, atau pengguna narkoba jarum suntik, disarankan untuk rutin melakukan tes HIV.

Orang dengan HIV/AIDS akan membawa virus ini seumur hidup. Walau begitu, dengan pengobatan ARV (antiretroviral therapy), mereka bisa tetap hidup sehat dan produktif, seperti halnya Billy Porter.

“Aku akan mati karena penyebab lain sebelum karena HIV. Aku berobat ke dokter dan tahu apa yang terjadi pada tubuhku. Aku merasa sangat sehat saat ini,” ujarnya.

Baca juga: 19 Komplikasi HIV/AIDS yang Perlu Diwaspadai



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.