Kompas.com - 21/05/2021, 16:36 WIB
Penderita asam urat dianjurkan untuk makan makanan sehat serta menghindari sejumlah makanan tinggi purin. SHUTTERSTOCK/RATMANERPenderita asam urat dianjurkan untuk makan makanan sehat serta menghindari sejumlah makanan tinggi purin.

KOMPAS.com - Asam urat adalah hal yang normal. Ini diproduksi ketika tubuh memecah makanan mengandung senyawa organik purin.

Makanan dan minuman mengandung purin tinggi antara lain hati, teri, makerel, anggur, dan lainnya. Tapi, purin juga diproduksi melalui proses alami pemecahan sel dalam tubuh.

Kebanyakan asam urat larut dalam darah, disaring melalui ginjal, dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada penderita asam urat, tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak cukup menyarinnya.

Kadar asam urat tinggi dikaitkan dengan kondisi yang disebut gout. Namun, kondisi ini kemudian lebih populer disebut penyakit asam urat.

Penyakit asam urat dapat berdampak pada satu sendi atau lebih, namun biasanya terjadi pada kaki dan jempol kaki.

Baca juga: 7 Gejala Asam Urat yang Tak Boleh Diabaikan

Meskipun faktor genetik berpengaruh terhadap perkembangan penyakit asam urat, namun perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah nyeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pantangan asam urat salah satunya adalah dari pemilihan jenis makanan.

Menurut Healthline, beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan asam urat antara lain:

1. Daging dan organ

Daging organ, termasuk hati, ginjal, otak, lidah, dan babat, memiliki kandungan purin tinggi.

Jadi, konsumsi daging organ harus dihindari sepenuhnya, sementara daging lainnya harus dibatasi hingga maksimal 4 ons per hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X