Kompas.com - 22/05/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi keramas. SHUTTERSTOCKIlustrasi keramas.

KOMPAS.com - Air cucian beras selama ini dikenal kaya manfaat untuk kecantikan kulit. Namun, ternyata cairan ini juga berguna untuk meningkatkan keindahan rambut.

Masyarakat tradisional Jepang dan China sudah lama menggunakan air sisa mencuci beras ini untuk perawatan rambutnya. Seperti dirilis di Journal of Cosmetic Chemists, wanita bangsawan Jepang menjadikannya unsur utama perawatan rambut panjang mereka.

Sementara itu, wanita di Desa Huangluo, China dikenal akan kebiasaan mencuci rambut dengan air beras. Hasilnya, rambut mereka dikenal lebih kuat dengan warna gelap yang memesona.

Baca juga: Perawatan untuk Wujudkan Mimpi Punya Rambut Panjang

Dr. Jenny Liu, dermatologis bersertifikat menjelaskan dedak padi memiliki banyak asam lemak, termasuk asam linoleat dan asam oleat. Kedua kandungan ini dinilai dapat menghambat enzim redukates yang menjadi penyebab kerontokan rambut pada pria.

"Studinya masih sangat terbatas, tapi sejumlah bukti dari Korea menunjukkan manfaatnya untuk mengatasi korontokan rambut pria," terangnya seperti dikutip dari Elle.

Richy Kandasamy, ahli pewarnaan rambut di Amerika Serikat menambahkan, 18 asam amino harus bersatu untuk menciptakan protein agar dapat menumbuhkan rambut. Sementara itu, air cucian beras mengandung delapan asam amino.

"Jadi saat dipakai di rambut, Anda mengalami lebih banyak regenerasi rambut," tandasnya.

Baca juga: Waspadai, 4 Penyebab Rambut Rontok pada Anak

Asam amino dalam cucian beras juga bermanfaat memperkuat akar rambut, menambah kilau dan membuatnya halus dan halus.

Ada pula karbohidrat, atau dikenal dengan nama inositol, yang dapat memperbaiki rambut rusak dan melindungi rambut dari kerusakan yang lebih lanjut.

Selain itu, vitamin B,C dan E yang terkandung dalam air beras mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.