Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lady Gaga Mengaku Jadi Korban Perkosaan di Usia 19 Tahun

Kompas.com - 22/05/2021, 11:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lady Gaga mengaku menjadi korban perkosaan di usia 19 tahun oleh salah satu produser musik. Ia kemudian hamil dan menderita gangguan psikotik akut akibat trauma kejadian itu.

Pengalaman buruk itu dirasakannya saat baru mengawali karier di dunia musik.

"Saya masih berusia 19 tahun ketika seorang produser mengatakan kepada saya, 'Lepaskan bajumu' ujarnya sembari bercucuran air mata dalam tayangan serial dokumenter berjudul The Me You Can’t See.

Ia mengaku menolak permintaan dan berniat segera meninggalkan lokasi tersebut namun berbuah ancaman pelaku untuk membakar seluruh rekaman musik buah kerja kerasnya.

Baca juga: Cantiknya Lady Gaga dengan Warna Rambut Gelap

Intimidasi itu sukses menahannya sehingga menjadi korban kekerasan seksual tersebut.

"Mereka tidak berhenti. Mereka tidak berhenti bertanya kepada saya, dan saya hanya membeku dan saya, saya bahkan tidak ingat," jelasnya dalam serial yang diproduksi oleh Oprah Winfrey dan Pangeran Harry itu.

Meski demikian, ia enggan mengungkap nama pelakunya dengan alasan tak ingin lagi berurusan dengan orang tersebut.

Pasca kejadian itu, ia sering merasakan sakit yang luar biasa dalam jangka waktu lama sampai mati rasa. Gejalanya termasuk muntah dan terus-menerus merasa tidak sehat.

Baca juga: Lady Gaga Bergabung dengan Oprah Kampanyekan Kesehatan Mental

Ia kerap menjalani pemeriksaan termasuk MRI dan scan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuhnya. Namun tidak ditemukan penyakit fisik apapun di tubuhnya meski terus merasa sakit.

Belakangan ia menyadari itu adalah kesakitan psikis akibat tindak perkosaan yang telah dialaminya. Rasa sakit yang dirasakannya, diingatnya, sama seperti ketika diperkosa dan hamil setelahnya.

Pengalaman gelap itu membawanya menjalani perawatan dengan psikiater karena kondisi mentalnya terganggu. Ia diharuskan mengonsumsi obat-obatan secara rutin untuk mengobati gangguan psikotik akut yang dialaminya.

Tahun 2019 dinilainya sebagai fase tergelap untuk depresi yang dialaminya, termasuk ketika sukses meraih Oscar atas aktingnya di film A Star Is Born.

 Baca juga: Sinopsis Film A Star is Born, Kisah Asmara Bradley Cooper dan Lady Gaga sebagai Pasangan Musisi

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com