Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini Berencana Ciptakan Mobil Listrik di Tahun 2030

Kompas.com - 23/05/2021, 12:02 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lamborghini mengumumkan rencana untuk menciptakan kendaraan listrik pertama mulai tahun 2030.

Pembuat mobil asal Italia tersebut mengikuti jejak pabrikan otomotif lain dalam merancang mobil listrik, seperti Bentley, Audi, dan Toyota.

Dalam sebuah proyek yang dinamai "Direzione Cor Tauri," Lamborghini akan memfokuskan masa depan perusahaan dengan merancang mobil melalui tiga tahap terpisah.

Pada tahap pertama, Lamborghini akan meluncurkan dua model mobil baru yang mengusung mesin berkonfigurasi V12 di tahun ini.

Tahap kedua, pabrikan akan berfokus untuk menciptakan model hybrid lain yaitu Sian yang sudah sempat diumumkan beberapa waktu lalu. Proyek khusus ini diprediksi akan hadir pada tahun 2023.

Kemudian, tahap terakhir, Lamborghini bakal merilis mobil listrik pertama pada akhir tahun 2030. Sayangnya informasi lebih lanjut terkait mobil listrik tersebut masih dirahasiakan hingga saat ini.

CEO Lamborghini Stephan Winkelmann memberikan komentar terkait tiga rencana yang akan dilakukan oleh perusahaan.

"Lamborghini selalu identik dengan keahlian teknologi yang unggul dalam membangun mesin dengan performa luar biasa, komitmen ini akan terus berlanjut sebagai prioritas mutlak dari inovasi kami," tuturnya.

"Janji ini, didukung rencana investasi terbesar dalam sejarah merek, memperkuat dedikasi mendalam kami bukan hanya kepada pelanggan."

"Melainkan juga penggemar kami, karyawan kami dan keluarganya, serta wilayah kelahiran perusahaan di Emilia-Romagna Italia," sambung dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com