Kompas.com - 23/05/2021, 12:14 WIB
Ilustrasi melukai diri sendiri shutterstockIlustrasi melukai diri sendiri

KOMPAS.com - Kecenderungan menyakiti diri sendiri atau self harm sering dialami oleh orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Perasaan marah, depresi, dan stres yang dialami seseorang memicunya untuk melakukan perbuatan negatif pada dirinya sendiri. Kecenderungan ini sering dialami oleh korban tindakan pelecehan.

Misalnya saja penyanyi Lady Gaga menyebutkan pernah merasakan hal ini tak lama setelah menjadi korban perkosaan ketika masih berusia 19 tahun.

Saat itu, ia tidak mendapatkan pertolongan yang tepat sehingga cenderung menyalahkan dirinya sendiri.

Perasaan rendah diri, ternoda dan marah yang terpendam kemudian dilampiaskan dengan cara menyakiti dirinya sendiri.

Pelantun lagu Poker Face ini mengaku sempat berpikir untuk mengiris pergelangan tangannya dan membenturkan diri ke tembok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perilaku self harm terjadi karena berbagai alasan. Laman Mental Health First Aid menyebutkan tindakan melukai diri adalah cara seseorang lari dari kesedihan mendalam, menunjukkan depresi yang dirasakan, dan mengurangi tekanan pikiran.

Selain itu, tindakan ini juga dilakukan untuk melarikan diri dari kenyataan, upaya mencari perhatian untuk mendapatkan pertolongan dan berusaha membuat orang lain merasa bersalah.

Bentuknya bisa bervariasi antara lain melukai, merobek, memotong, mencubit dan mengukir kata di permukaan kulitnya sendiri.

Cara lainnya termasuk menjambak rambut, meninju dan membenturkan diri pada benda agar berdarah serta overdosis obat-obatan tanpa niatan bunuh diri.

Halaman:


Sumber self.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.