Kompas.com - 24/05/2021, 08:11 WIB

KOMPAS.com - Matcha dan kopi adalah bahan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan tergolong  digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Kedua bahan ini mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, serta dapat membantu kita tetap terjaga dan fokus pada pekerjaan, akibat kandungan kafeinnya.

Namun, manakah yang lebih baik di antara matcha dan kopi?

Baca juga: Matcha dan Mikuru Peuyeum, Kombinasi Kuliner Sunda-Jepang, Mau?

Jawaban dari pertanyaan ini amat sederhana, yakni semua tergantung dari reaksi tubuh penikmatnya.

Jika kita mengalami gelisah atau refluks asam, mungkin kita harus menghindari kopi, lalu menggantinya dengan teh hijau atau pun matcha.

Desiree Nielsen, ahli diet terdaftar yang tinggal di Vancouver, British Columbia mengatakan, ini semua bergantung pada seberapa sensitif seseorang terhadap kafein.

Teh hijau atau matcha, kata penulis buku memasak "Plant-based Eat More Plants" ini bisa menjadi alternatif agar tidak mengalami kegelisahan atau kecemasan yang berlebih.

Baca juga: Tips Sederhana Mengenali Minuman Matcha Asli

Ilustrasi kopiPIXABAY/Christoph Ilustrasi kopi

Matcha berada di tengah-tengah kopi dan teh hijau, di mana kadar kafeinnya lebih rendah dari kopi, tetapi lebih tinggi dibanding teh hijau.

“Kehadiran asam amino yang disebut L-theanine dalam teh hijau dan matcha menjadi kandungan yang penting, karena dapat memoderasi efek kafein pada sistem saraf,” kata Nielsen.

Matcha mengandung lebih banyak L-theanine dibandingkan dengan teh hijau, sehingga inilah yang membuat matcha dapat memperhalus efek dari kafein yang ada.

“Namun, bagi sebagian orang, kafein apa pun bisa saja menyebabkan gelisah,” ujar Nielsen.

Baca juga: Banyak Manfaat, Yuk Ganti Kopi dengan Matcha

“Jadi kita harus bereksperimen dan melihat manakah minuman yang lebih bisa ditoleransi oleh tubuh.”

Apabila kita tidak memiliki masalah dengan kafein, kita tidak perlu memilih mana yang lebih baik. Kita bisa minum apa pun antara kopi atau pun matcha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.