Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2021, 08:11 WIB
Intan Pitaloka,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Matcha dan kopi adalah bahan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan tergolong  digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Kedua bahan ini mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, serta dapat membantu kita tetap terjaga dan fokus pada pekerjaan, akibat kandungan kafeinnya.

Namun, manakah yang lebih baik di antara matcha dan kopi?

Baca juga: Matcha dan Mikuru Peuyeum, Kombinasi Kuliner Sunda-Jepang, Mau?

Jawaban dari pertanyaan ini amat sederhana, yakni semua tergantung dari reaksi tubuh penikmatnya.

Jika kita mengalami gelisah atau refluks asam, mungkin kita harus menghindari kopi, lalu menggantinya dengan teh hijau atau pun matcha.

Desiree Nielsen, ahli diet terdaftar yang tinggal di Vancouver, British Columbia mengatakan, ini semua bergantung pada seberapa sensitif seseorang terhadap kafein.

Teh hijau atau matcha, kata penulis buku memasak "Plant-based Eat More Plants" ini bisa menjadi alternatif agar tidak mengalami kegelisahan atau kecemasan yang berlebih.

Baca juga: Tips Sederhana Mengenali Minuman Matcha Asli

Ilustrasi kopiPIXABAY/Christoph Ilustrasi kopi

Matcha berada di tengah-tengah kopi dan teh hijau, di mana kadar kafeinnya lebih rendah dari kopi, tetapi lebih tinggi dibanding teh hijau.

“Kehadiran asam amino yang disebut L-theanine dalam teh hijau dan matcha menjadi kandungan yang penting, karena dapat memoderasi efek kafein pada sistem saraf,” kata Nielsen.

Matcha mengandung lebih banyak L-theanine dibandingkan dengan teh hijau, sehingga inilah yang membuat matcha dapat memperhalus efek dari kafein yang ada.

“Namun, bagi sebagian orang, kafein apa pun bisa saja menyebabkan gelisah,” ujar Nielsen.

Baca juga: Banyak Manfaat, Yuk Ganti Kopi dengan Matcha

“Jadi kita harus bereksperimen dan melihat manakah minuman yang lebih bisa ditoleransi oleh tubuh.”

Apabila kita tidak memiliki masalah dengan kafein, kita tidak perlu memilih mana yang lebih baik. Kita bisa minum apa pun antara kopi atau pun matcha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com