Kompas.com - 24/05/2021, 14:39 WIB
Ilustrasi bayi saat sedang ditimbang Dok. ShutterstockIlustrasi bayi saat sedang ditimbang

KOMPAS.com - Kasus stunting pada anak usia di bawah lima tahun (balita) merupakan salah satu masalah utama kesehatan di Indonesia.

Hal itu terjadi karena balita mengalami kekurangan gizi kronis pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sehingga mengalami gagal tumbuh.

Untuk diketahui, gagal tumbuh merupakan kondisi tubuh anak yang tidak dapat menerima, mempertahankan, atau memanfaatkan kalori untuk menambah berat badan.

Alhasil, kondisi tersebut membuat pertumbuhan anak, baik dari aspek berat dan tinggi badan, tertinggal dari standar pada umumnya. Jika orangtua mengabaikan hal ini, kondisi gagal tumbuh bisa berkembang menjadi stunting.

Baca juga: Idealnya Ini Pertambahan Berat Badan Bayi Setiap Bulan

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi stunting di Indonesia mencapai angka 30,8 persen. Angka ini turun dari 37,2 persen pada Riskesdas 2013.

Namun demikian, upaya menurunkan angka stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga dibutuhkan keterlibatan orangtua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan berbagai upaya agar anak terhindar dari stunting, salah satunya dengan mengukur berat badan anak secara rutin.

Rutin kontrol berat badan anak

Memantau kondisi berat badan anak oleh para orangtua merupakan salah satu kunci agar tumbuh kembang si kecil normal dan terhindar dari risiko stunting.

Baca juga: Pentingnya Stimulasi dan Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak dalam 1.000 HPK

Untuk itu, orangtua wajib membawa buah hati ke pusat layanan kesehatan agar berat badan anak dapat ditimbang secara teratur.

Untuk diketahui, bayi perlu ditimbang setiap satu bulan sekali sampai berusia enam bulan. Selanjutnya, saat bayi berusia 6 sampai 12 bulan, penimbangan berat badan dilakukan setiap dua bulan sekali dan tiga bulan sekali setelah bayi memasuki usia satu tahun.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.