Kompas.com - 24/05/2021, 16:14 WIB
Pura Besakih, sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali yang menjadi pusat seluruh kegiatan pura di Bali. KOMPAS.com/SHERLY PUSPITAPura Besakih, sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali yang menjadi pusat seluruh kegiatan pura di Bali.

KOMPAS.com - Program Work From Bali (WFB) menjadi kabar menyegarkan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di tengah pandemi.

Bekerja di lokasi wisata seindah Bali tentu bakal menjadi pengalaman menggembirakan. Apalagi tak perlu mengeluarkan dana pribadi untuk menjalaninya karena merupakan program dari pemerintah sendiri.

Para abdi negara juga bisa merasakan sensasi menjadi digital nomad, hal yang selama ini terbatas dirasakan oleh para freelancer dan pekerja startup.

Sayangnya, bekerja jarak jauh di lokasi wisata tak selalu mudah seperti dibayangkan banyak orang. Ada tantangan berbeda yang mungkin tidak biasa dirasakan oleh pekerja kantoran seperti PNS di kementriaan.

Baca juga: Tertarik Ikut Tren Work From Bali? Persiapkan Dulu 4 Hal Berikut

Jika berniat ikut program WFB, ada baiknya mengetahui tips berikut agar pengalaman bekerja di Bali tetap efektif.

  • Bersikap profesional dengan rekan kerja dan atasan

Saat bekerja remote, kita diharuskan untuk tetap hadir dan bersikap komunikatif meskipun secara daring. Banyak yang terlena dan kerap melupakan soal tanggung jawab pekerjaan mereka ketika terpisah jarak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tetap bersikap profesional, atur komunikasi secara rutin dan berkala. Misalnya saja melalui zoom meeting, video call, telepon atau email agar pekerjaan tetap bisa diselesaikan dengan lancar.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Kehidupan-Kerja Saat WFH

  • Buat jadwal kerja

Bekerja jarak jauh rentan tidak memiliki batasan waktu sehingga membuat banyak orang kelabakan. Agar tidak kewalahan, pastikan untuk membuat rutinitas kerja dan membuat batasan jam kerja seperti ketika di kantor.

Sampaikan dengan sopan kepada atasan atau rekan soal batasan tersebut agar kondisi kesehatan dan mental tetap terjaga.

Baca juga: 3 Cara agar Penderita Bipolar Produktif di Lingkungan Kerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.