Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemani Hewan Peliharaan, Anak dapat Lebih Mudah Tidur

Kompas.com - 24/05/2021, 17:04 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

KOMPAS.com - Ketika belajar tidur sendiri banyak anak mengalami kesulitan dan ketakutan untuk terpisah dengan orangtua. Tidur ditemani dengan hewan peliharaannya ternyata bisa membantu.

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Concordia University mengungkap, anak-anak dan remaja bisa memeroleh manfaat dari tidur di samping hewan peliharaan.

Cara tersebut dinilai mampu meredakan ketakutan yang umumnya dirasakan anak pada malam hari.

Baca juga: Berbahayakah Berbagi Tempat Tidur dengan Kucing?

Tim peneliti awalnya mengira anak-anak yang tidur bersama hewan peliharaan --terutama kucing atau anjing-- akan sulit tidur dengan tenang. Sebab, suara atau aktivitas hewan peliharaan akan memperburuk kondisi pernapasan anak.

Akan tetapi, dugaan itu tidak terbukti. Pemilik hewan justru menganggap suara dan kehadiran hewan peliharaan memberikan ketenangan dan rasa rileks.

Guna mengungkap manfaat hewan peliharaan terhadap kualitas tidur anak, para ilmuwan mengirimkan kuesinoer kepada orangtua dari 188 anak berusia 11-17 tahun.

Anak-anak juga ikut serta dalam eksperimen ketika tim peneliti mengukur gelombang otak, kadar oksigen di dalam darah, detak jantung, pernapasan, dan gerakan mata dan kaki anak selama satu malam.

Baca juga: Kapan Usia yang Tepat Melatih Anak Tidur Sendiri?

Selain itu, anak-anak yang dilibatkan dalam studi ini mengenakan alat pelacak di pergelangan tangan untuk mencatat siklus istirahat dan mencatat pola tidur mereka setiap hari selama dua minggu.

Para peneliti menemukan, tidur anak tidak terganggu oleh hewan karena anak yang melaporkan berbagi tempat tidur bersama hewan peliharaan memiliki profil tidur yang serupa dengan anak yang tidak tidur bersama hewan.

Tidur bersama hewan peliharaan juga dapat bermanfaat bagi anak dan remaja karena keberadaan hewan peliharaan tidak terlalu mengganggu anak yang lebih kecil daripada orang dewasa.

Baca juga: Manfaat Sterilisasi Pada Hewan Peliharaan, Bukan Tindakan Menyakitkan

"Anak-anak memandang hewan peliharaan mereka sebagai teman dekat dan mencari kenyamanan dari hewan saat mencoba tidur," kata para peneliti.

"Ada kemungkinan praktiknya bisa positif atau negatif, tergantung keterikatan anak pada hewan peliharaan, adanya kecemasan atau masalah tidur, konsistensi rutinitas tidur, atau karakteristik hewan peliharaan."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com