Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Duduk di Rumah, Jangan Lupa Lakukan Peregangan

Kompas.com - 25/05/2021, 07:51 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BHG

KOMPAS.com - Peregangan adalah aktivitas yang paling mudah dilakukan kapan saja, entah itu setelah menjalani olahraga atau melakukan tugas berat.

Bahkan walau kita banyak bekerja dari rumah saat ini, rasa pegal akibat duduk menghadap layar laptop seharian bisa hilang dengan melakukan peregangan.

Asisten profesor kinesiologi dan kesehatan integratif Jessica Matthews, menyebut, dengan peregangan secara teratur kita akan memeroleh beberapa manfaat bagi kesehatan.

"Peregangan dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan nyeri, memperbaiki postur tubuh, dan menciptakan pengalaman gerakan yang lebih menyenangkan, baik di tempat fitnes maupun dalam aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Pegal dan Nyeri Otot Kala WFH

Berikut ini empat alasan yang bisa menjadi pertimbangan kita untuk mulai memasukkan peregangan ke dalam rutinitas harian kita.

1. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Sebuah penelitian menunjukkan rutinitas peregangan yang teratur dapat mengurangi rasa sakit pada punggung dan bahu karena duduk seharian.

Saat melakukan peregangan, alirah darah kita meningkat dan melumasi otot serta persendian.

Hal itu memungkinkan kita untuk menekuk, mengangkat, memutar, atau memanjangkan otot-otot dan persendian dengan lebih lancar.

Baca juga: 6 Gerakan Peregangan untuk Tidur Lebih Nyenyak

Peregangan juga akan mengatur kembali persendian kita ke posisi yang tepat dan mengurangi rasa sakit karena otot yang tertarik, tendon, atau ligamen yang posisinya berubah.

"Peregangan membantu meningkatkan sirkulasi. Anda juga akan mendapatkan postur tubuh yang lebih baik, membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri," kata Laura McDonald, pelatih kesehatan berlisensi.

Namun saat melakukan peregangan, cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan cara yang nyaman, tidak menyebabkan rasa sakit.

Baca juga: Kebiasaan Bunyikan Jari Bisa Picu Radang Sendi, Benarkah?

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

2. Meningkatkan suasana hati

Apabila kita sedang dalam suasana hati yang buruk, meregangkan tubuh dapat memberi sinyal pada otak untuk melepaskan senyawa kimia yang memicu kebahagiaan.

"Peregangan membantu lonjakan hormon vital ke seluruh tubuh, meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke otot dan otak Anda, berujung pada suasana hati yang lebih ceria dan pikiran yang lebih jernih," kata McDonald.

Halaman:
Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com