Kompas.com - 25/05/2021, 07:51 WIB

KOMPAS.com - Peregangan adalah aktivitas yang paling mudah dilakukan kapan saja, entah itu setelah menjalani olahraga atau melakukan tugas berat.

Bahkan walau kita banyak bekerja dari rumah saat ini, rasa pegal akibat duduk menghadap layar laptop seharian bisa hilang dengan melakukan peregangan.

Asisten profesor kinesiologi dan kesehatan integratif Jessica Matthews, menyebut, dengan peregangan secara teratur kita akan memeroleh beberapa manfaat bagi kesehatan.

"Peregangan dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan nyeri, memperbaiki postur tubuh, dan menciptakan pengalaman gerakan yang lebih menyenangkan, baik di tempat fitnes maupun dalam aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Pegal dan Nyeri Otot Kala WFH

Berikut ini empat alasan yang bisa menjadi pertimbangan kita untuk mulai memasukkan peregangan ke dalam rutinitas harian kita.

1. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Sebuah penelitian menunjukkan rutinitas peregangan yang teratur dapat mengurangi rasa sakit pada punggung dan bahu karena duduk seharian.

Saat melakukan peregangan, alirah darah kita meningkat dan melumasi otot serta persendian.

Hal itu memungkinkan kita untuk menekuk, mengangkat, memutar, atau memanjangkan otot-otot dan persendian dengan lebih lancar.

Baca juga: 6 Gerakan Peregangan untuk Tidur Lebih Nyenyak

Peregangan juga akan mengatur kembali persendian kita ke posisi yang tepat dan mengurangi rasa sakit karena otot yang tertarik, tendon, atau ligamen yang posisinya berubah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.