Kompas.com - 25/05/2021, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Dalam setiap gaya pengasuhan, pasti ada orangtua yang selalu waspada untuk melindungi anak-anaknya dari segala hal, dan ada pula yang cenderung memberikan kebebasan.

Namun, di antara keduanya, ada pula orangtua yang turut campur tangan dalam kehidupan anak-anak dengan penuh perhatian dan kesadaran.

Hal ini lah yang dikenal dengan sebutan mindfully meddle.

Direktur eksekutif Brain Behavior, Dr Sarah Levin Allen mengatakan, gagasan ini dikembangkan karena sejatinya dia adalah seseorang yang suka mencampuri urusan orang lain.

Baca juga: Ini Lho, Gaya Pengasuhan Anak Keluarga Kerajaan Inggris

Sarah juga mengaku menyadari pentingnya menjadi sengaja dalam cara kita mencampuri kehidupan orang yang kita cintai.

"Dan sebagai orangtua, kita adalah pemecah masalah yang konstan karena kita ingin memperbaiki hal-hal ini," sambung dia.

Tetapi, alih-alih memperbaiki setiap masalah untuk anak-anak, Allen mengungkapkan pentingnya berhati-hati tentang keterlibatan kita sebagai orangtua.

Sehingga, kita dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka sendiri.

Mengetahui tujuan anak-anak

Ketika anak-anak masih kecil, mereka mungkin mencari cara untuk mengelola emosi atau belajar menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan perasaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.