Kompas.com - 25/05/2021, 14:59 WIB
Ilustrasi fesyen berkelanjutan. SHUTTERSTOCK/ANDRII ZASTROZHNOVIlustrasi fesyen berkelanjutan.

KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak brand melirik produk sustainable fashion (fesyen berkelanjutan). Situasi pandemi juga mendorong perubahan pola perilaku konsumen di bidang tersebut.

Penelitian oleh McKinsey, misalnya, mengungkapkan bahwa 57 persen pembeli setuju bahwa mereka telah membuat perubahan signifikan pada gaya hidupnya untuk mengurangi dampak lingkungan, sementara 15 persen konsumen berharap dapat membeli pakaian yang lebih ramah lingkungan dan sosial.

Kesadaran konsumen tentang fesyen berkelanjutan inilah yang akan terus mendorong brand untuk memproduksi pakaian yang lebih ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Zilingo sebagai platform teknologi dan e-commerce Zilingo menjadi salah satu pihak yang akan ikut mendukung lebih banyak perusahaan untuk mengakses dan mengadopsi tekstil berkelanjutan. Salah satunya melalui zilingotrade.id.

Deprtemen Komunikasi Zilingo Indonesia menyampaikan sejumlah tren fesyen berkelanjutan di 2021 yang perlu diperhatikan memasuki kuartal III 2021, di antaranya:

1. Pakaian nyaman sebagai "seragam" saat WFH

Kebanyakan masyarakat kini menjalani pekerjaannya dari rumah atau Work From Home (WFH).

Minimnya sosialisasi langsung dan pertemuan virtual yang semakin banyak membuat kebutuhan akan "seragam" saat WFH cenderung meningkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, semakin banyak masyarakat memerlukan pakaian yang nyaman namun tetap terlihat profesional di depan kamera untuk dipakai bekerja.

Pakaian seperti loungewear dengan warna atau pola yang sama pada atasan dan bawahan dapat digunakan dengan cara yang lebih fleksibel serta bisa dijadikan pakaian kerja namun teetap nyaman digunakan di rumah.

Untuk itu, brand perlu fokus menghasilkan koleksi pakaian kasual yang paling nyaman dengan berbagai pilihan bahan yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.