Kompas.com - 25/05/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Perasaan insecure rentan dirasakan orang yang berusia 30 tahun ketika menyaksikan kesuksesan teman seusianya.

Ada stigma yang berkembang di masyarakat bahwa usia kepala tiga seharusnya menjadi awal kesuksesan seseorang. Hal ini termasuk pendidikan, kemapangan karier, finansial, dan keluarga.

Nyatanya, tidak semuanya terwujud berdasarkan anggapan tersebut. Banyak yang masih harus berjuang dengan kehidupannya meski sudah berusia matang.

Misalnya saja terjebak pada pekerjaan dengan gaji rendah, belum menemukan pasangan hidup atau karier yang tidak berkembang.

Tak heran banyak yang merasa cemas, stres, tertekan dan rendah diri ketika melihar sekitarnya mengalami kondisi yang lebih baik.

Baca juga: Pilihan Hidup Melajang Tak Selalu Berujung Kesepian

Terlebih lagi dengan kebiasaan pamer di media sosial yang bisa memicu perasaan frustasi ini. Rasanya iri ketika melihat teman sekolah kerap mengunggah momen liburan atau pencapaian pribadi mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fokus pada tujuan hidup

Nurhalimah Br Siregar S.Psi, Grup Fasilitator dan Konselor Layanan Psikologi Ruang Jiwa megatakan, kita bisa membuang perasaan insecure ini dengan fokus pada tujuan hidup sendiri.

"Tidak usah iri, jangan down, kembali lagi ke tujuan hidup masing-masing karena kita semua punya waktu sendiri," jelasnya dalam acara Kind of Talks bertajuk "Umur 30 tapi Masih Gini-Gini Aja?".

Konten itu disiarkan secara langsung oleh akun Instagram @my.kindoflife bekerja sama dengan @sehatjiwa.id.

Baca juga: 3 Bekal Sukses Anak di Masa Depan, Orangtua Wajib Tahu

Psikolog yang akrab dipanggil Imah ini menjelaskan, setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Bisa saja teman kita lebih mampu menempatkan priorotas dan strategi sehingga mencapai kesuksesan lebih dulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.