Kompas.com - 25/05/2021, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Jatuh cinta pada seseorang akan membuat kita merasa berbunga-bunga hingga terobsesi dengannya.

Namun, ada garis yang sangat tipis antara ketertarikan dan obsesi. Ketika obsesi mulai memaksa kita untuk mengalihkan semua energi terfokus padanya, saat itulah obsesi mulai menjadi tidak sehat.

Kita akan memikirkannya sepanjang waktu dan ini akan membatasi kita dari melakukan aktivitas biasa karena itu adalah dunia kita.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah beberapa tanda yang dapat diidentifikasi untuk mengetahui apakah kita memiliki obsesi yang tidak sehat dengan seseorang.

Baca juga: Menghentikan Obsesi pada Si Mantan

1. Menyembunyikan rasa tidak aman

Jika kita memiliki masalah harga diri yang rendah dan mencoba menyembunyikan rasa tidak aman dengan menindas seseorang secara keras, itu pasti tidak sehat.

Kita akan kehilangan rasa individualitas dan juga akan mencoba untuk memvalidasi diri alias membutuhkan orang tersebut untuk merasa lebih baik. 

Kita juga akan cenderung menggunakan keberadaan orang itu untuk merasa nyaman dengan diri sendiri, padahal pada kenyataannya kita membenci rasa tidak aman yang hadir.

Baca juga: Minta Pasangan Rutin Memberi Kabar, Posesif atau Bukan?

2. Hanya peduli dengan kualitas luar

Kita akan menemukan diri kita terbenam dalam kualitas luar orang itu karena itulah yang membuat kita tergila-gila padanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.