Kompas.com - 26/05/2021, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Sekarang ini ada banyak pilihan helm sepeda dengan model dan bahan yang beragam. Fungsi setiap helm sama, menjaga agar kepala tetap terlindungi ketika bersepeda.

Namun apakah helm sepeda benar-benar menawarkan keamanan kepada pemakaianya?

Sayangnya, satu studi terbaru yang dimuat ke dalam jurnal Annals of Biomedical Engineering menunjukkan fakta sebaliknya. Helm sepeda ternyata kurang melindungi.

Berdasarkan studi tersebut, ditemukan metode pengujian helm sepeda dengan mengadopsi kejadian nyata --seperti seseorang yang terjatuh atau mengalami tabrakan.

Studi ini menjelaskan metode pengujian yang mencakup penilaian integritas helm sepeda ketika penggunanya terkena benturan miring atau menghantam tanah dan terjatuh dari sepeda.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Helm Sepeda Diganti dengan yang Baru?

Para peneliti mencatat, metode yang dilakukan pabrikan helm selama ini cenderung menguji helm dengan cara menjatuhkan helm dari sisi kanan.

Padahal, sebagian besar kecelakaan bersepeda dipengaruhi oleh gaya dan gerakan rotasi, menurut Fady Abayazid, PhD (c) di laboratorium Human Experience, Analysis, and Design (HEAD) di Imperial College London.

Peneliti membandingkan sebanyak 27 helm, baik helm model lama tanpa bantalan maupun helm model baru yang memiliki teknologi seperti lapisan pengurang gesekan, bantalan geser, dan kantung udara.

Dalam studi itu, peneliti menguji helm sepeda melalui tes benturan (crash test) dan helm dijatuhkan ke permukaan 45 derajat yang dilapisi amplas.

Permukaan tersebut dibikin menyerupai permukaan jalan raya yang beraspal.

Baca juga: Rekomendasi Sepatu Bersepeda agar Aktivitas Gowes Kian Menyenangkan

Halaman:
Sumber MSN


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.