Kompas.com - 26/05/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com- Demensia merupakan gejala dari penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak. Kondisi ini mengakibatkan berkurangnya daya ingat dan memahami sesuatu, atau sering disebut dengan pikun.

Seseorang beresiko mengalami demensia sampai 75 persen jika memiliki riwayat keluarga dengan demensia.

Walau begitu, menurut peneliti Angelique Brellenthin, PhD, dari Iowa State University, risiko itu bisa ditekan jika kita punya gaya hidup sehat sejak muda.

Dalam penelitiannya,  Brellenthin dan timnya meninjau informasi 302.239 pria dan wanita yang terdaftar di UK Biobank, sebuah penelitian yang berbasis populasi terhadap lebih dari 500.000 orang di United Kingdom, antara tahun 2006 dan 2010.

Mereka yang diteliti tidak memiliki bukti demensia pada awal, dan menyelesaikan kuesioner tentang riwayat keluarga dan gaya hidup.

Baca juga: Kebiasaan Berpikir Negatif Meningkatkan Risiko Demensia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertanyaan tersebut mencakup rincian tentang enam perilaku gaya hidup sehat, seperti pola makan, aktivitas fisik, pola itudr, kebiasaan merokok, menjaga berat badan, hingga konsumsi alkohol.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan demensia memiliki resiko demensia 70 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat keluarga.

Lalu, secara keseluruhan, seseorang yang menerapkan enam perilaku gaya hidup sehat dapat mengurangi setengah dari resiko demensia, sedangkan yang menerapkan sekitar tiga perilaku gaya hidup sehat risikonya berkurang 30 persen.

Baca juga: Agar Tak Cepat Pikun, Biasakan Melakukan 4 Hal Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Med Scape
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.