Kompas.com - 26/05/2021, 12:03 WIB
Pasien tuna netra yang mengalami kemajuan dalam pengelihatannya berkat terapi protein ganggang di Perancis. REPRO BIDIK LAYAR VIA BBCPasien tuna netra yang mengalami kemajuan dalam pengelihatannya berkat terapi protein ganggang di Perancis.

KOMPAS.com- Alga atau yang juga disebut ganggang adalah tanaman air yang tidak berbunga, dan biasanya menjadi bagian kelompok besar.

Nah, ternyata tanaman air ini mengandung protein dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium, yang berguna bagi tubuh.

Alga juga bisa digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat tubuh terlindungi dari penyakit.

Di atas semua manfaat itu, ternyata alga juga dapat memulihkan pengelihatan seseorang yang mengalami kebutaan.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Kantong Mata dan Mata Panda

Seperti dikutip dari BBC, pengelihatan seorang pria di Perancis yang mengalami kebutaan total bisa dipulihkan sebagian dengan menggunakan protein yang terdapat pada tanaman alga.

Disebutkan, pria tunanetra itu ditangani dengan jenis terapi yang disebut optogenetika, yang menggunakan protein untuk mengontrol sel di belakang matanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyadari terapi itu berhasil ketika suatu hari mampu melihat garis-garis di tempat penyeberangan pejalan kaki.

Sekarang, seperti dilaporkan Nature Medicine, dalam perkembangan selanjutnya pria itu sudah bisa memegang dan menghitung objek di atas meja.

Pria yang belum terungkap identitasnya ini menetap di Brittany, Perancis, dan menjalani perawatan di Paris.

Retinitis pigmentosa

Dikisahkan, sekitar 40 tahun lalu, pria ini didiagnosis mengidap retinitis pigmentosa, sebuah kondisi yang menyebabkan kematian sel penginderaan cahaya di permukaan retina.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X