Kompas.com - 27/05/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang mungkin telah mengetahui sejumlah efek samping yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Jadi, bagi kita yang peduli dengan kesehatan sering kali mencoba untuk menguranginya atau hanya mengonsumsi dalam jumlah sedang saja.

Minum segelas bir atau anggur di akhir pekan untuk melepas penat bersama dengan teman-teman tampaknya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: 6 Minuman Korea Non-alkohol ala Drakor yang Aman Dikonsumsi

Nah, sebuah penelitian baru akan membuat kita mempertimbangkan kembali keputusan untuk sering mengonsumsi alkohol, bahkan dalam jumlah sedang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Oxford menunjukkan, alkohol dalam jumlah berapa pun dapat mengganggu kesehatan otak.

Fakta-fakta dari penelitian

Sebuah studi observasional mengisyaratkan, tidak ada tingkatan minum alkohol yang aman untuk otak.

Bahkan, asupan alkohol dalam jumlah sedang dapat berdampak buruk pada hampir setiap bagian otak.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti menganalisis hubungan antara asupan alkohol yang dilaporkan sendiri dari lebih dari 25.000 orang di Inggris, dan hasil pemindaian otak mereka.

Baca juga: Tips Memakai Cairan Alkohol dengan Benar agar Efektif Bunuh Kuman

Para peneliti kemudian mencatat, minum alkohol bisa berdampak parah pada materi abu-abu otak.

Materi abu-abu otak merupakan komponen utama dari sistem saraf pusat, yang terdiri dari badan sel saraf, neuropil, sel glial, sinapsis, dan kapiler.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.