Kompas.com - 27/05/2021, 16:27 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Membatalkan pertunangan pasti akan menyebabkan rasa sakit hati, kekecewaan dan kesedihan pada pasangan.

Walau hubungan tidak bisa dilanjutkan, namun paling tidak ada etika dasar yang bisa kita lakukan untuk mengurangi hal tersebut.

Pertunangan adalah fase penting dalam hubungan laki-laki dan perempuan sebelum berlanjut ke pernikahan. Biasanya ini ditandai dengan pemberian cincin pertunangan dan komunikasi keluarga kedua belah pihak.

Karena itu, membatalkan pertunangan memberikan efek yang jauh lebih besar dibandingkan putus hubungan pacaran. Apalagi jika hari pernikahan sudah ditentukan dan kabar soal itu sudah tersiar ke kolega dan sahabat.

Baca juga: Yuk, Simak Tips Pilih Cincin Pertunangan dan Pernikahan yang Tepat

Tentunya ada beberapa dampak yang pasti akan dirasakan termasuk emosional, psikis dan finansial.

Sayangnya, ada beberapa orang yang harus menguatkan tekad untuk membatalkan ikatan hubungannya demi masa depan yang lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengurangi dampak sakit hatinya, ada beberapa etika dasar yang bisa jadi panduan kita saat mantap untuk berpisah dengan tunangan dan membatalkan pernikahan.

Baca juga: Ketahui, 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Batal Menikah

  • Katakan alasannya dengan jujur

Sampaikan keinginan untuk berpisah kepada tunangan secara langsung, terbuka dan jujur. Beritahu soal penjelasan, bukan alasan, yang melatarbelakangi keputusan tersebut.

Gunakan kata ganti 'Saya' atau 'Aku' saat berbicara agar tidak terkesan menyalahkan orang lain. Apapun alasan yang dipakai tetap akan meninggalkan kekecewaan, namun sikap jujur akan menjadi cara kita menghargai mantan tunangan.

Jangan berusaha berbohong soal alasan tersebut karena dapat mengurangi rasa hormat dan integritas. Hargai hubungan yang telah dijalani dengan menyampaikan kebenarannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.