Kompas.com - 27/05/2021, 20:23 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com -  Memegang tengkuk kucing saat akan mengangkatnya mirip dengan cara yang dilakukan induk kucing untuk menggendong anak kucing. Namun, cara itu ternyata tidaklah aman.

Sebagian besar hewan peliharaan yang dipegang bagian tengkuknya bisa mengalami ketakutan dan kecemasan.

Ada berbagai cara mencengkeram kulit leher atau tengkuk kucing, mulai dari mencengkeram dengan lembut hingga menggenggam lipatan kulit leher yang banyak disertai tekanan yang berbeda-beda.

Baca juga: Studi Ungkap Perilaku Kucing Dipengaruhi oleh Pemiliknya

Kita sering melihat anak kucing akan menjadi lemas ketika induk kucing menggendong anak kucing itu dengan menggigit tengkuknya.

Dari situlah, kita pun beranggapan bahwa mencengkeram kulit yang mengendur di bagian tengkuk kucing akan memicu respons yang sama. Sayangnya, cara ini tidaklah tepat.

"Tidak ada tombol ajaib yang membuat kucing lemas pada bagian tengkuk hewan itu, dan analogi induk kucing yang menggendong anak kucing tidaklah akurat," kata ahli perilaku hewan Dr Lore Haug.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak kucing yang digendong induk kucing menjadi lemas karena refleks fleksor. Refleks ini hanya muncul selama beberapa minggu pertama setelah anak kucing lahir.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Induk kucing menggendong anak kucing dengan menggigit bagian tengkuk untuk memindahkan anak kucing itu dari satu tempat ke tempat lain, bukan untuk "menghukum" anaknya seperti mitos yang beredar selama ini..

Induk kucing juga mengetahui tekanan yang tepat saat mengangkat anak kucing di bagian tengkuk, karena kucing memiliki sensor tekanan di bagian gigi.

Sedangkan kita sebagai manusia, bukanlah seekor kucing yang dibekali kemampuan untuk mengetahui sensor tekanan tersebut.

Baca juga: Di Balik Kebiasaan Kucing Senang Duduk di Atas Laptop

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.