Kompas.com - 28/05/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi jus buah bit zelenoIlustrasi jus buah bit

KOMPAS.com - Kita selalu ingin belajar tentang bagaimana makanan maupun minuman dapat membantu kita untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Menurut penelitian terbaru dari University of Exeter, terdapat satu minuman yang mampu membuat hidup kita lebih sehat yakni jus buah bit.

Dalam studi tersebut, 26 orang dewasa yang sehat mengambil bagian dalam dua penilaian selama 10 hari.

Pertama, mereka minum jus buah bit kaya nitrat selama 10 hari dan kemudian ditambah dengan jus plasebo bebas nitrat, yang mereka minum dua kali sehari selama periode 10 hari berikutnya.

Penilaian kesehatan dilakukan setelah setiap periode 10 hari dan terungkap bahwa tingkat bakteri mulut yang lebih tinggi ditemukan dalam jus buah bit.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Ini juga dikaitkan dengan kesehatan vaskular dan kognitif yang baik, sementara tingkat bakteri yang lebih rendah dikaitkan dengan penyakit dan peradangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Profesor Anni Vanhatalo dari University of Exeter, yang merupakan penulis utama studi tersebut, ini adalah penelitian pertama dari jenisnya.

"Penelitian sebelumnya telah membandingkan bakteri mulut pada orang muda dan orang tua, dan orang sehat dibandingkan dengan mereka yang menderita penyakit," terangnya.

"Tetapi penelitian kami adalah yang pertama menguji diet kaya nitrat dengan cara ini," sambung dia.

Dia mengungkapkan, temuannya menunjukkan bahwa menambahkan makanan kaya nitrat ke dalam diet — melalui jus buah bit — selama sepuluh hari secara substansial dapat mengubah mikrobioma oral menjadi lebih baik.

Baca juga: Mengapa Penderita Diabetes Tak Boleh Minum Jus Buah? Ini Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.