Kompas.com - 28/05/2021, 10:21 WIB
Aktor Will Smith di sela premier Men in Black 3 di Ritz Carlton Hotel, Moskow, Rusia, Mei 2012. SHUTTERSTOCK/ANDREY BAYDAAktor Will Smith di sela premier Men in Black 3 di Ritz Carlton Hotel, Moskow, Rusia, Mei 2012.

KOMPAS.com - Aktor Will Smith dan beberapa teman selebritasnya yang berusia paruh baya berkomitmen untuk mendapatkan bentuk terbaik dalam hidup mereka selama beberapa bulan ke depan.

Hal itu merupakan bagian dari serial YouTube yang baru-baru ini diumumkan, tetapi Smith juga harus belajar bahwa memulai transformasi penurunan berat badan secara tiba-tiba bukanlah sesuatu yang mudah.

Apa yang tampak gampang dilakukan di media sosial, tidak selalu mudah diaplikasikan di dunia nyata. 

Sebelumnya, Smith sempat memposting video ke Instagram yang mengkritik latihan ramah pemula yang dilakukan oleh pelatih Aaron Jon Ferguson.

Baca juga: Will Smith Tampil Shirtless Sambil Pamer Dad Bods, Ada Apa?

Latihan tersebut melibatkan penguasaan gerakan gabungan dasar seperti barbell back squat dan melatih mobilitas sebelum latihan beban.

Dalam video tersebut, Smith tampaknya memiliki masalah dengan strategi latihan yang kurang populer ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang ini berkata mari kita lakukan saja gerakannya, mari kita kembalikan tubuh ke gerakan agar kita terhindar dari cedera," kata pria berusia 52 tahun itu.

"Artinya, dia hanya akan memberi saya batang tanpa beban untuk bench press. Tidak ada yang akan memiliki video saya saat bench press hanya dengan sebuah batang tanpa beban di atasnya," lanjut dia.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Kehidupan Seks Pria di Atas 50 Tahun

Bagi yang sedang memulai latihan guna memperbarui bentuk tubuh, tidak ada alasan untuk merasa malu mengangkat barbell kosong sampai kita siap menghadapi lebih banyak hambatan.

Direktur kebugaran dan pelatih pribadi Men's Health, Ebenezer Samuel mengatakan bahwa sangat penting bagi pria berusia di atas 50 tahun seperti Smith untuk memulai dengan latihan mobilitas guna mengurangi risiko cedera.

"Jika Smith langsung memulai dengan heavy barbell squat atau bench press, tentu dia bisa memindahkan beban, tapi jaringan di ototnya mungkin tidak mengizinkan gerakan itu terjadi dengan benar," jelasnya.

Samuel juga merekomendasikan agar melakukan latihan punggung seperti dumbbell row untuk membangun kekuatan.

Mungkin lain kali Smith dapat mempertimbangkan untuk melakukannya sebagai bentuk kompromi. Bagaimanapun juga latihan itu sama efektifnya dan terlihat lebih keren daripada hanya menggunakan barbell kosong.

Baca juga: Manfaat Bersepeda untuk Orang Usia 40-an, Olahraga Favorit Ganjar Pranowo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Menshealth
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.