Kompas.com - 28/05/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi siklus menstruasi ShutterstockIlustrasi siklus menstruasi

KOMPAS.com – Menstruasi merupakan hal yang alamiah pada perempuan, namun informasi seputar siklus bulanan ini masih terbatas. Bahkan, masih ada anggapan bahwa siklus bulanan ini sebagai aib.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan pada saat menstruasi masih buruk, penyebabnya karena kurang pengetahuan dan informasi tentang kebersihan diri.

Mayoritas perempuan di Indonesia mengetahui tentang menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama.

“Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik,” kata Elizabeth Kurniadi, Brand Manager Softex.

Kebersihan organ reproduksi sangat penting diperhatikan, sebab saat menstruasi mulut rahim terbuka sehingga kemungkinan terjadinya infeksi lebih tinggi.

Baca juga: Normalkah Menstruasi Hanya Dua Hari?

Membiarkan vagina dalam keadaan lembap dan jarang mengganti pembalut, bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang masuk ke rahim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Edukasi ke lapas

Untuk memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang tiap tahun jatuh pada tanggal 28 Mei, merek pembalut Softex melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran kebersihan organ kewanitaan.

Menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting untuk diketahui oleh semua wanita, namun sering kali hal ini justru terlupakan.

Softex juga melakukan edukasi dan donasi dengan mengadakan kegiatan mengunjungi Lapas Wanita dan panti asuhan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2021.

Baca juga: Kapan Nyeri Haid Dianggap Tidak Normal dan Perlu ke Dokter?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.