Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Infeksi, Jaga Kebersihan Organ Intim Saat Menstruasi

Kompas.com - 28/05/2021, 13:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Menstruasi merupakan hal yang alamiah pada perempuan, namun informasi seputar siklus bulanan ini masih terbatas. Bahkan, masih ada anggapan bahwa siklus bulanan ini sebagai aib.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 perilaku remaja putri dalam menjaga kebersihan pada saat menstruasi masih buruk, penyebabnya karena kurang pengetahuan dan informasi tentang kebersihan diri.

Mayoritas perempuan di Indonesia mengetahui tentang menstruasi setelah mengalami menstruasi pertama.

“Ternyata sampai saat ini perhatian dan kesadaran remaja putri dan wanita Indonesia masih kurang mengenai cara menjaga kebersihan menstruasi yang baik,” kata Elizabeth Kurniadi, Brand Manager Softex.

Kebersihan organ reproduksi sangat penting diperhatikan, sebab saat menstruasi mulut rahim terbuka sehingga kemungkinan terjadinya infeksi lebih tinggi.

Baca juga: Normalkah Menstruasi Hanya Dua Hari?

Membiarkan vagina dalam keadaan lembap dan jarang mengganti pembalut, bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang masuk ke rahim.

Edukasi ke lapas

Untuk memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang tiap tahun jatuh pada tanggal 28 Mei, merek pembalut Softex melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran kebersihan organ kewanitaan.

Menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan hal mendasar yang penting untuk diketahui oleh semua wanita, namun sering kali hal ini justru terlupakan.

Softex juga melakukan edukasi dan donasi dengan mengadakan kegiatan mengunjungi Lapas Wanita dan panti asuhan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Mei 2021.

Baca juga: Kapan Nyeri Haid Dianggap Tidak Normal dan Perlu ke Dokter?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com