Kompas.com - 28/05/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi menstrual cup. ShutterstockIlustrasi menstrual cup.

KOMPAS.com - Tanggal 28 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia untuk terus mengingatkan perempuan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi.

Terlebih, kesadaran dan pengetahuan remaja putri di Indonesia masih sangat rendah terhadap manajemen kebersihan selama periode menstruasi.

Berdasarkan data dari Unicef Indonesia pada tahun 2015, satu dari dua anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Dalam data tersebut juga disebutkan hanya satu dari tiga anak perempuan yang mengganti pembalutnya setiap empat sampai 12 jam. Sisanya mengganti pembalut sebanyak dua kali sehari.

Baca juga: Cegah Infeksi, Jaga Kebersihan Organ Intim Saat Menstruasi

Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan reproduksi perempuan. Sebab, darah menstruasi yang tidak segera dibersihkan dapat mengendap dan menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH mengatakan, ada sejumlah bakteri dan virus yang dapat berkembang sebagai penyakit jika kita tidak memerhatikan kebersihan organ reproduksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika kita jarang mengganti pembalut atau tidak membersihkan darah menstruasi dengan baik, kemungkinan besar kita akan mengalami infeksi vagina yang disebabkan oleh vaginosis bakterialis, kandidosis vulvovaginalis penyebab HIV dan kanker serviks, serta infeksi kandung kemih."

Demikian penuturan Dwiana dalam webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" melalui aplikasi Zoom pada Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?

Untuk itu, setiap perempuan direkomendasikan mengganti pembalutnya minimal setiap empat jam sekali.

Sebelum dan sesudah mengganti pembalut, kita juga dianjurkan mencuci tangan supaya tetap bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.