Kompas.com - 30/05/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.comSistem endokrin merupakan jaringan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon untuk mengontrol berbagai fungsi tubuh, termasuk kemampuan tubuh mengubah kalori menjadi energi untuk sumber tenaga sel dan organ-organ.

Gangguan pada kelenjar endokrin bisa menyebabkan penyakit yang berbeda-beda, mulai dari malnutrisi, gondok, diabetes, gangguan jantung, hipertensi, hingga tumor ganas pada sistem pencernaan.

Gangguan kelenjar endokrin umumnya disebabkan perubahan gaya hidup yang cenderung meninggalkan pola sehat.

Jika dicuriagi ada gangguan endokrin, pasien disarankan berkonsultasi ke dokter penyakit dalam subspesialis endokrinologi.

Baca juga: Tanda Timbunan Lemak Perut yang Dipengaruhi Hormon

Gejala penyakit endokrin sangat beragam tergantung pada kelenjar yang terpengaruh. Namun, mayoritas pasien mengeluhkan gejala kelelahan dan lemas. Pemeriksaan darah dan urine biasanya diperlukan untuk mengetahui kadar hormon dalam tubuh.

Pusat endokrinologi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menyediakan layanan satu atap terkait gangguan endokrin, RSU Bunda Jakarta memperkenalkan Endocrine Center.

Dr. Feronika MARS selaku Direktur RSU Bunda Jakarta menjelaskan ‘Endocrine Center’ adalah pusat layanan medis terbaru di RSU Bunda Jakarta, sebagai pusat pemeriksaan endokrin yang mendiagnosis pasien yang menderita penyakit terkait hormon.

Kondisi medis terkait hormon termasuk gangguan metabolik, reproduksi, persepsi sensori dan respirasi.

Baca juga: Waspadai, Gangguan Tiroid Juga Picu Kenaikan Kolesterol

“Kondisi metabolik paling umum yang ditangani oleh para endokrinologi seperti diabetes, gangguan kolesterol dan tiroid,” katanya.

Selain dokter-dokter yang kompeten, menurutnya Endocrine Center juga dilengkapi dengan peralatan medis terkini sesuai perkembangan teknologi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.