Kompas.com - 30/05/2021, 10:59 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi


Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

KOMPAS.com - Momen memasuki lingkungan baru dan berbeda menjadi hal yang cukup menakutkan bagi beberapa anak, salah satunya saat pertama kali masuk ke sekolah baru.

Sebagai orangtua, kita punya peran penting untuk mendukungnya agar bisa tetap percaya diri di lingkungan yang baru.

Sebelumnya, kita perlu mengenal karakteristik Si Kecil karena setiap anak tidak bisa diberikan cara yang sama dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. Mengatasi kepercayaan diri anak yang pendiam akan berbeda caranya dengan anak yang mudah bergaul.

Baca juga: 7 Cara Membantu Anak Pemalu Jadi Lebih Berani

Setelah mengenal karakteristik anak, kita bisa menerapkan cara yang sesuai berdasarkan karakteristik tersebut.

Memang membutuhkan trial and error, tetapi pengenalan karakter ini bisa lebih memudahkan dalam mencari cara untuk menyemangatinya agar percaya diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

5 Tips agar Anak Percaya Diri di Sekolah

Meskipun cara menerapkan ke setiap anak berbeda, umumnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbagai karakteristik anak. Ini dia 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di sekolah.

Baca juga: Sadari, 3 Manfaat Penting Bermain bagi Tumbuh Kembang Anak

1. Tanyakan perasaan anak
Saat memasuki lingkungan baru, tanyakan kepada anak tentang persaannya. Apakah ia takut, atau malah bersemangat? Tanyakan juga alasan mengapa ia merasa demikian. Dengan begitu, kita bisa memberikan dukungan yang sesuai.

2. Memberikan semangat dan pujian
Salah satu bentuk dukungan yang bisa kita berikan ke Si Kecil adalah semangat dan pujian. Jika ia merasa takut menghadapi sekolah baru, kita bisa memberikan memberikan pengertian bahwa perasaan takut tersebut wajar tetapi ia tidak perlu merasa takut karena kita ada didekatnya.

Selain itu, kita juga bisa memberikan kata-kata pujian jika ia merasa tidak percaya diri. Misalnya saat anak minder dengan kepintaran teman-temannya, kita bisa memuji kehebatan Si Kecil dalam mata pelajaran tertentu atau semangatnya dalam belajar. Buat ia percaya akan kemampuannya sehingga menjadi percaya diri.

Baca juga: 5 Sikap Disiplin yang Harus Diterapkan Orangtua pada Anak

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman:


Sumber Rekata
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.