Kompas.com - 30/05/2021, 14:43 WIB
Ilustrasi potongan daging sapi paha depan atau chuck meat. SHUTTERSTOCK/MIRONOV VLADIMIRIlustrasi potongan daging sapi paha depan atau chuck meat.

KOMPAS.com - Pembahasan soal perlu tidaknya mencuci daging sedang jadi salah satu trending topic di media sosial beberapa waktu belakangan.

Perdebatan soal ini salah satunya dipicu oleh cuitan Devina Hermawan, salah satu koki jebolan MasterChef Indonesia di Twitter.

Metode pengolahan makanan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga nilai gizinya. Tujuannya bukan hanya mendapatkan rasa yang lezat namun juga nutrisi dari makanan tersebut.

Salah informasi penting yang kerap dilewatkan banyak orang yakni daging tidak perlu dicuci sebelum memasak. Bagi sebagian orang, fakta ini mungkin terasa konyol atau  dianggap jorok.

Baca juga: Tips Potong Daging Empal agar Gampang Empuk dan Tidak Alot

Apalagi, mengingat rantai panjang proses produksi daging yang tentunya berisiko terpapar bakteri. Nyatanya, air yang dipakai untuk mencuci bisa memengaruhi kondisi daging.

Seperti kata Chef Devina dalam salah satu cuitannya, "Daging TIDAK disarankan dicuci sebelum dimasak. Karena selain dapat terkontaminasi bakteri yang ada di air, mencuci daging dengan air dapat membuat daging mengkerut dan kondisi daging jadi tidak segar lagi. Bakteri akan ikut mati pada saat proses dimasak."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, pengecualian dimungkinkan jika berniat menghilangkan protein yang larut dalam air seperti untuk pembuatan daging olahan, dim sum, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Memasak Daging Kambing dan Jeroan agar Tidak Bau

Pro dan kontra

Cuitan yang di-retweet dan di-likes puluhan ribu kali ini tentu saja menuai pro kontra. Apalagi saran ini berkebalikan dari kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengolah daging.

Umumnya, generasi terdahulu menganjurkan pentingnya mencuci daging di air mengalir sebelum dimasak agar bakteri hilang seluruhnya.

Saran dari finalis Top 7 MasterChef ini sebenarnya selaras dengan anjuran para ahli nutrisi di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.