Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Asisten Rumah Tangga Kini Bisa Lewat Aplikasi

Kompas.com - 31/05/2021, 10:58 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran asisten rumah tangga sudah menjadi kebutuhan utama. Sayangnya, mencari asisten rumah tangga (ART) tidak mudah.

Cerita ART yang tidak betah bekerja atau ditipu oleh yayasan penyalur ART, sudah sering kita dengar. Tak heran jika ada yang menyebut, mencari “ si mbak” yang cocok lebih sulit dibanding mencari jodoh.

Kesulitan tersebut kini bisa teratasi dengan bantuan aplikasi Maimaid, yakni aplikasi ART online pertama di Indonesia. Lewat aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan ART hanya dengan sekali klik.

“Semuanya di Maimaid serba online, jadi customer tidak perlu repot-repot lagi ketika ingin mempekerjakan PRT di rumah. Cukup melalui smartphone, mereka bisa mendapatkan PRT yang langsung diantar ke rumah,” jelas Digital Marketing Manager Maimaid Imam Hakiki.

Baca juga: Cara Bikin Rumah Tetap Rapi dan Bersih Walau Tanpa ART

Tidak hanya pembantu rumah tangga, di aplikasi ini kita juga bisa mencari pengasuh anak (babysitter), supir pribadi, bahkan kepala pelayan (buttler).

“Ada customer yang memang membutuhkan jasa butler. Jadi si butler ini bertugas untuk me-manage seluruh PRT yang bekerja di rumah tersebut. Mulai dari mengatur menu masakan, membuat jadwal bersih-bersih, mengatur jadwal tukang kebun dan supir,” kata Imam.

Maimaid hadir sebagai solusi sebagai aplikasi PRT online pertama di Indonesia.Dok Maimaid Maimaid hadir sebagai solusi sebagai aplikasi PRT online pertama di Indonesia.

Mediator

Dia menjelaskan, Maimaid memposisikan diri sebagai mediator antara customer dengan partner ART.

“Jadi di Maimaid ada dua pihak yang kita bantu, customer sebagai orang yang butuh PRT dan juga partner PRT yang membutuhkan pekerjaan,” jelasnya.

Maimaid juga memberikan jaminan garansi tanpa batas untuk kedua belah pihak. Jika pemberi kerja tidak puas dengan kinerja ART bisa mengajukan garansi. Demikian juga dengan ART, jika mereka mendapat perlakuan tindakan kekerasan dari majikan, mereka juga bisa mengajukan garansi.

Baca juga: Viral ART Campur Susu dengan Obat, Ini 6 Tips agar Anak Aman Bersama Pengasuh di Rumah

Imam mengatakan, di situs www.maimaid.id, tidak hanya calon majikan saya yang bisa mengakses, tetapi juga partner yang ingin bergabung menjadi ART.

Beroperasi di awal tahun 2019, maimaid awalnya hanya memiliki beberapa pelanggan dan kini terus bertambah.

“Saat ini layanan kami baru hadir di Jabodetabek dan Bandung. Semoga dalam waktu dekat ini Maimaid juga akan merambah ke kota-kota besar lainnya di Indonesia,” jelas Imam.

Baca juga: Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Bantu Otak Tetap Sehat dan Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com