Kompas.com - 31/05/2021, 10:58 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

KOMPAS.com – Bagi masyarakat perkotaan, kehadiran asisten rumah tangga sudah menjadi kebutuhan utama. Sayangnya, mencari asisten rumah tangga (ART) tidak mudah.

Cerita ART yang tidak betah bekerja atau ditipu oleh yayasan penyalur ART, sudah sering kita dengar. Tak heran jika ada yang menyebut, mencari “ si mbak” yang cocok lebih sulit dibanding mencari jodoh.

Kesulitan tersebut kini bisa teratasi dengan bantuan aplikasi Maimaid, yakni aplikasi ART online pertama di Indonesia. Lewat aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan ART hanya dengan sekali klik.

“Semuanya di Maimaid serba online, jadi customer tidak perlu repot-repot lagi ketika ingin mempekerjakan PRT di rumah. Cukup melalui smartphone, mereka bisa mendapatkan PRT yang langsung diantar ke rumah,” jelas Digital Marketing Manager Maimaid Imam Hakiki.

Baca juga: Cara Bikin Rumah Tetap Rapi dan Bersih Walau Tanpa ART

Tidak hanya pembantu rumah tangga, di aplikasi ini kita juga bisa mencari pengasuh anak (babysitter), supir pribadi, bahkan kepala pelayan (buttler).

“Ada customer yang memang membutuhkan jasa butler. Jadi si butler ini bertugas untuk me-manage seluruh PRT yang bekerja di rumah tersebut. Mulai dari mengatur menu masakan, membuat jadwal bersih-bersih, mengatur jadwal tukang kebun dan supir,” kata Imam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maimaid hadir sebagai solusi sebagai aplikasi PRT online pertama di Indonesia.Dok Maimaid Maimaid hadir sebagai solusi sebagai aplikasi PRT online pertama di Indonesia.

Mediator

Dia menjelaskan, Maimaid memposisikan diri sebagai mediator antara customer dengan partner ART.

“Jadi di Maimaid ada dua pihak yang kita bantu, customer sebagai orang yang butuh PRT dan juga partner PRT yang membutuhkan pekerjaan,” jelasnya.

Maimaid juga memberikan jaminan garansi tanpa batas untuk kedua belah pihak. Jika pemberi kerja tidak puas dengan kinerja ART bisa mengajukan garansi. Demikian juga dengan ART, jika mereka mendapat perlakuan tindakan kekerasan dari majikan, mereka juga bisa mengajukan garansi.

Baca juga: Viral ART Campur Susu dengan Obat, Ini 6 Tips agar Anak Aman Bersama Pengasuh di Rumah

Imam mengatakan, di situs www.maimaid.id, tidak hanya calon majikan saya yang bisa mengakses, tetapi juga partner yang ingin bergabung menjadi ART.

Beroperasi di awal tahun 2019, maimaid awalnya hanya memiliki beberapa pelanggan dan kini terus bertambah.

“Saat ini layanan kami baru hadir di Jabodetabek dan Bandung. Semoga dalam waktu dekat ini Maimaid juga akan merambah ke kota-kota besar lainnya di Indonesia,” jelas Imam.

Baca juga: Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Bantu Otak Tetap Sehat dan Muda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.