Kompas.com - 31/05/2021, 21:16 WIB
Ilustrasi rambut beruban. SHUTTERSTOCK/PPSTUDIOIlustrasi rambut beruban.

KOMPAS.com - Uban identik dengan orang tua karena berkaitan dengan proses penuaan.

Namun, pada sebagian orang uban mulai tumbuh secara perlahan sejak usia terbilang masih muda. Bahkan, beberapa orang sudah punya uban di usia 20an tahun atau bahkan lebih muda dari itu. Apa sebabnya?

Nah, jika kita mengalaminya, tak perlu panik dengan itu.

"Faktor genetik juga punya peran yang besar terhadap kapan dan bagaimana seseorang mulai memiliki uban," kata trikolog tersertifikasi dari BosleyMD, Gretchen Friese.

Biasanya, tambah Friese, jika salah satu atau kedua orangtua kita memiliki riwayat beruban sejak dini, ada kemungkinan kita sebagai anaknya juga mengalami hal yang sama.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa folikel rambut memiliki sel pigmen yang memproduksi melanin. Melanin adalah kimia yang memberi warna pada rambut kita.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel tersebut mulai mati. Ketika sel pigmen berkurang, batang-batang rambut akan tumbuh lebih tipis dan berubah warna menjadi putih keabu-abuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, pada umumnya orang-orang yang beruban karena menua mengalami pertumbuhan uban di satu area yang terkonsentrasi. Berbeda dengan uban yang tumbuh di usia muda.

"Uban yang sesekali tumbuh bisa terjadi di usia berapa pun," ucapnya.

Baca juga: Sering Dicabut Bikin Uban Semakin Banyak, Mitos atau Fakta?

Dipengaruhi lingkungan

Sementara itu, dermatolog Dr Nidhi Singh Tandon menjelaskan, penyebab tumbuh uban di usia muda (premature graying) sebetulnya tidak diketahui.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.