BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL

Catat, Ini Ide Aktivitas Seru di Rumah untuk Anggota Keluarga Saat Libur

Kompas.com - 01/06/2021, 11:35 WIB
Ilustrasi menghabiskan hari libur bersama keluarga di rumah. Dok. Shutterstock / Nattakorn_ManeeratIlustrasi menghabiskan hari libur bersama keluarga di rumah.

KOMPAS.com – Saat ada tanggal merah atau hari libur, tak sedikit orang membayangkan pergi liburan bersama keluarga untuk mengisi momen tersebut. Pergi ke luar kota pun menjadi pilihan utama mereka. Apalagi, kalau tanggal merahnya berdekatan dengan akhir pekan.

Jika hanya libur satu hari, biasanya mal atau taman kota menjadi tujuan untuk menghabiskan hari. Pilihan lainnya adalah melakukan staycation di hotel berbintang.

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Sebab, rehat sejenak dari rutinitas dapat mengembalikan semangat dan stamina yang mulai kendor. Kalau semangat sudah kembali, menjalankan aktivitas rutin pun jadi lebih produktif.

Meski demikian, tak semua orang punya kesempatan untuk mengisi waktu libur di luar rumah. Selain karena waktu, ada juga yang terbatas dengan biaya.

Baca juga: 5 Hotel Kapsul di Bandung, Pas untuk Staycation Saat Lebaran

Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut jadi membatasi diri untuk mendapat hiburan. Menghilangkan penat juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Sayangnya, banyak orang tidak berpikir bahwa menghilangkan rasa penat bisa dilakukan di rumah. Sekarang, tinggal bagaimana Anda bisa kreatif mencari ide aktivitas untuk masing-masing anggota keluarga. Nah, ini rekomendasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aktivitas untuk ayah

Selama libur di rumah, biasanya bapak-bapak menghabiskan waktu dengan duduk santai di teras sambil ngopi. Nah, kali ini cobalah untuk menghabiskan waktu dimulai dari melihat dengan detail setiap sudut rumah Anda.

Jika ada bagian yang rusak, para ayah bisa memperbaikinya. Contohnya, memperbaiki genteng bocor, cat ulang pada bagian tembok mulai kusam, atau mengganti bohlam lampu yang mati.

Begitu juga, jika ada alat elektronik yang rusak, seperti kipas angin atau dispenser, cobalah untuk turun tangan memperbaikinya.

Baca juga: Tidak Harus Bepergian, Ini 5 Alternatif Kegiatan di Rumah Selama Liburan

Namun, jika rumah dan barang di rumah baik-baik saja, cobalah mengingat kapan terakhir kali merawat peralatan yang berhubungan dengan hobi Anda. Misalnya peralatan naik gunung.

Coba cek kembali peralatan mulai dari sleeping bag, kompor, hingga tenda, apakah semua peralatan tersebut masih lengkap atau justru ada yang hilang entah ke mana.

Apabila Anda memiliki hobi fotografi, cobalah cek beberapa lensa yang sudah lama tersimpan dalam lemari. Pastikan barang koleksi hobi Anda tersebut tidak rusak atau kotor sehingga masih dapat digunakan dengan baik.

Abadikan aktivitas istri dan anak dengan kamera lama Anda. Ambilah gambar secara candid supaya lebih memorable.

Aktivitas untuk ibu

Pada hari libur, biasanya ibu tidak ingin melakukan hal-hal yang biasa dilakukan. Maka dari itu, supaya tidak bosan, ibu bisa mencoba resep baru. Tak perlu yang susah, ibu dapat memilih resep yang sederhana, seperti nasi ayam krispi yang dimasak hanya dengan rice cooker.

Baca juga: 15 Resep Olahan Udang untuk Masak di Rumah

Selain itu, ibu juga bisa mengganti dekorasi rumah. Eits.. jangan dulu berpikir untuk mengganti warna cat, itu terlalu berat untuk ibu.

Cobalah melakukan hal-hal simpel, seperti mengganti gorden. Tak perlu baru kok karena mengganti dengan gorden yang bersih saja sudah cukup. Pilihan lainnya, ibu bisa menggunakan sarung sofa untuk memberikan suasana baru pada tempat duduk di rumah.

Selain itu, ibu bisa mengganti frame foto keluarga. Jika selama ini foto keluarga Anda menggunakan bingkai yang besar, kali ini pilihlah bingkai foto yang lebih kecil dan aturlah sedemikian rupa hingga menghasilkan dekorasi yang artistik.

Mempelajari keahlian baru juga menjadi kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh ibu. Jika selama ini Anda hanya bisa menjahit kancing kemeja, cobalah untuk mempelajari teknik menjahit lainnya, seperti tusuk tikam jejak, flanel, feston, atau balut.

Dengan teknik-teknik menjahit tersebut, nantinya Anda dapat mempraktikkannya jika tiba-tiba baju suami atau anak sobek.

Aktivitas untuk anak-anak

Lelah belajar, anak-anak biasanya menginginkan aktivitas berbeda pada hari libur. Daripada membiarkan mereka bermalas-malasan di tempat tidur, ajaklah anak-anak untuk mencoba hal baru.

Belilah kanvas dan cat air di toko terdekat, lalu ajaklah anak-anak melukis. Menurut American Art Therapy Association, ekspresi artistik dapat mengurangi kecemasan, perasaan marah, dan depresi.

Baca juga: 7 Manfaat Menggambar untuk Anak

Tak hanya itu, diberitakan Kompas.com, Rabu (21/10/2020), menggambar atau melukis dapat memberikan dampak positif untuk anak, antara lain meningkatkan keterampilan motorik, membuat anak ekspresif, meningkatkan imajinasi, berpikir out of the box, belajar berorganisasi, membuang pikiran negatif, dan membangun keterampilan pemecahan masalah.

Selain melukis, Anda juga bisa mengajak anak untuk mencoba olahraga baru, seperti panahan. Meski dianggap seperti permainan, olahraga panahan memiliki banyak manfaat baik untuk anak-anak.

Dilansir dari youractivekid.co.uk, panahan dapat membantu fokus anak. Pasalnya, dalam memanah, anak harus berkonsentrasi untuk menembak sasaran. Mereka dilatih untuk mengoordinasikan tangan dan mata secara baik.

Panahan juga meningkatkan kesabaran anak. Sebab, mereka harus sabar menunggu saat yang tepat untuk melepaskan anak panah yang merupakan bagian penting dari panahan.

Nah, itulah tadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu libur sekaligus menghilangkan penat di rumah. Usai beraktivitas seharian di rumah, tak ada salahnya beristirahat sambil menikmati hiburan.

Baca juga: 7 Layanan Streaming Film Legal untuk Temani Waktu Libur Panjang

Sebetulnya, banyak hiburan bisa dilakukan di rumah, mulai dari bermain game, menonton tayangan film favorit secara streaming, hingga mendengarkan deretan lagu favorit untuk menyempurnakan hari libur Anda.

Untuk mendapatkan hiburan seperti itu, Anda tak perlu banyak upaya. Cukup dengan gadget yang didukung oleh internet stabil tanpa gangguan sinyal.

Nah, untuk memastikan hiburan bisa didapat secara lancar, pemilihan provider yang tepat menjadi kuncinya. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah XL Satu Fiber.

Dengan layanan tersebut, Anda bisa mendapatkan fasilitas internet rumah cepat tanpa batas dari teknologi fiber optic dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Saat berada di luar pun, Anda bisa menggunakan kuota bersama keluarga sebesar 25 GB.

Baca juga: Pelanggan XL Home Kini Bisa Main Game di TV Pakai Ponsel

Tak hanya memberikan layanan internet supermulus, XL Satu Fiber dilengkapi dengan Entertainment Box. Layanan ini menyuguhkan hiburan kekinian di rumah, seperti Netflix, Vidio, Catchplay Plus, AirConsole, dan Youtube, yang terhubung ke televisi Anda. Jadi, Anda dapat menikmati hiburan bersama keluarga.

Untuk menikmati layanan tersebut, XL Satu Fiber mematok harga mulai dari Rp 274.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan dan sewa perangkat.

Sebagai informasi, layanan XL Satu Fiber sudah dapat dinikmati di 18 kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Yogyakarta Bandung, Surabaya, Gresik, Palembang, dan Medan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai XL Satu FIber, klik tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya