Kompas.com - 01/06/2021, 12:04 WIB
Ilustrasi kucing mandi, kucing Shutterstock/OllegIlustrasi kucing mandi, kucing
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak pemilik kucing merasa gemas ingin memandikan kucingnya agar  terlihat bersih dan juga beraroma wangi. 

Namun, seberapa sering harusnya kita memandikan hewan peliharaan yang satu ini?

Vanessa Spano, dokter hewan asosiasi di Behaviour Vets of NYC, New York, mengatakan bahwa kucing berbeda dengan anjing, karena kucing dapat merawat dan membersihkan dirinya sendiri.

Selain itu, sebagian besar kucing juga tidak suka terkena air, sehingga acara mandi bisa jadi sangat menegangkan dan tidak nyaman bagi kucing.

"Kucing bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilatinya. Itu adalah cara mereka  merawat diri sendiri," kata Hannah Shaw, ahli kucing Royal Canin di Washington, AS.

Shaw merekomendasikan kita untuk memandikan kucing, jika kucing menderita kurap (konsultasikan ini pada dokter hewan) ataupun dalam kondisi yang sangat kotor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serena Juma, ahli perilaku kucing di Purina, Amerika, menyarankan kita untuk membersihkan bagian tubuh kucing yang kotor saja. Tidak perlu memandikannya secara keseluruhan.

"Jika kucing memang perlu dimandikan, saya sarankan hanya memandikan bagian yang membutuhkan perhatian," katanya.

Juma juga menjelaskan bahwa beberapa kucing senang berada di dalam dan di sekitar air, sementara itu, banyak pula yang tidak menyukai perasaan terendam karena menyebabkan bulunya menjadi lebih berat.

Dengan hanya mencuci area yang membutuhkan perhatian atau perlu dibersihkan saja, kita dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan kucing jika terendam di dalam air.

Baca juga: Apakah Kucing Perlu Mandi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.