Kompas.com - 01/06/2021, 12:28 WIB
Ilustrasi nanas matang, warnanya kuning pekat. SHUTTERSTOCK/5 SECOND STUDIOIlustrasi nanas matang, warnanya kuning pekat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Nanas merupakan salah satu buah populer yang dapat dinikmati langsung atau sebagai tambahan dalam salad buah, makanan penutup, maupun smoothies.

Sejak dulu, buah tropis ini sudah digunakan dalam beberapa budaya untuk tujuan pengobatan, terutama sebagai ekstrak yang diaplikasikan pada luka guna mengurangi peradangan.

Nanas juga diketahui mengandung bromelain, enzim dengan sifat anti-inflamasi yang memiliki potensi besar dapat melawan kanker.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Tak hanya itu, nanas ternyata mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kita, seperti yang dilansir dari laman Insider berikut ini.

1. Memiliki banyak kandungan nutrisi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahli diet Colleen Christensen mengatakan bahwa nanas mengandung vitamin C yang berperan penting dalam penyembuhan luka, memproduksi protein, dan menyerap zat besi.

Di samping itu, buah ini juga memiliki kandungan mangan yang merupakan mineral penting untuk fungsi otak dan saraf, penyerapan kalsium, serta pengaturan gula darah.

Perlu dicatat bahwa satu mangkuk nanas mengandung 8,3 miligram asam amino triptofan.

Menurut Christensen, asam amino khusus ini adalah prekursor serotonin neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan senang.

Baca juga: Bolehkah Makan Nanas Jika Punya Maag?

2. Melancarkan pencernaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.