Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Makin Pede, Ikuti Tips Berikut untuk Hilangkan "Double Chin"

Kompas.com - 01/06/2021, 21:44 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Double chin atau dagu yang berlipat dianggap mengganggu penampilan bagi sebagian orang, terutama ketika ingin berfoto selfie untuk diunggah ke media sosial.

Lipatan di dagu ini seringkali dianggap kelebihan lemak yang membuat penampilan kurang cantik dan membuat rasa percaya diri menjadi turun. 

Chris Dempers, spesialis kesehatan dan kebugaran di Florida, Amerika Serikat, mengatakan bahwa biasanya double chin dikaitkan dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Namun, ada juga yang muncul karena faktor genetik. 

“Beberapa orang mewarisi garis rahang yang lebih kuat sementara yang lain memiliki rahang yang lebih lembut, meskipun mereka kurus,” katanya.

“Menjadi kurus secara alami bukan berarti komposisi lemak tubuh tidak tinggi. Kita masih bisa terlihat kurus namun memiliki banyak lemak karena kepadatan otot yang lebih sedikit."

Lalu, terkait dengan cara menghilangkan double chin, memang belum ada bukti ilmiah yang mendukung cara paling efektif, selain dengan diet dan olahraga.

Dempers mengingatkan bahwa kita sebaiknya berhati-hati saat menghilangkan double chin. Sebaiknya lakukan dengan menerapkan diet sehat dan olahraga teratur untuk memberi hasil yang diinginkan.

Tetapi jika masih ingin mencoba untuk menghilangkan kelebihan lemak di dagu ini, Dempers memberikan dua metode yang terbukti manjur pada banyak orang:

1. Menggunakan alat latihan atau senam rahang

Alat senam rahang adalah alat kecil yang dimasukkan ke dalam mulut dan kita gigit untuk melatih otot wajah dan leher.

“Dengan penggunaan yang tepat, alat ini dapat membantu memperbaiki garis rahang dengan meningkatkan otot-otot rahang,” jelas Dempers.

Tetapi seperti program latihan lainnya, jika kita tidak melatih otot leher dan rahang dengan aman dan benar, ini berisiko sebabkan cedera. 

“Menggunakan alat latihan rahang secara tidak benar dan berlebihan dapat meningkatkan resiko mengembangkan gangguan sendi temporomandibular (TMJ),” kata Dempers.

2. Latihan untuk double chin

Latihan double chin tertentu menargetkan otot leher, tetapi itu tidak selalu akan menghilangkan lemak pada dagu kita.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com