Kompas.com - 02/06/2021, 12:37 WIB
Ilustrasi noda tinta pada pakaian shutterstockIlustrasi noda tinta pada pakaian
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pakaian yang terkena noda tinta, tentu akan rusak keindahannya. Sayangnya hal ini sering terjadi karena kita kerap lalai mengantongi pulpen di saku pakaian

Ketika sedang tidak beruntung, terkadang tinta pada pulpen itu bisa bocor dan mengenai pakaian yang sedang dikenakan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda tinta tersebut?

Ada yang mengatakan bahwa hairspray dapat membantu kita menghilangkan bercak tinta yang menempel pada pakaian. Namun, apakah ini benar?

Bahan rahasia yang terkandung dalam hairspray

Berbagai jenis tinta memiliki bahan dengan sifat kimia yang cukup unik. Sebagian besar tinta mengandung campuran pigmen, pewarna, pelarut, dan minyak pelumas. Kombinasi inilah yang membuat noda tinta sangat sulit untuk dihilangkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spidol permanen dan bolpoin berisi tinta berbahan dasar minyak, dan nodanya terkadang dapat dihilangkan dengan menggunakan alkohol gosok yang dioleskan dengan kapas.

Nah, dulunya hairspray mengandung alkohol yang merupakan bahan rahasia, dan  memungkinkannya untuk membantu menghilangkan noda dari tinta.

Namun, selama bertahun-tahun, produsen hairspray telah mengurangi jumlah atau sama sekali menghilangkan alkohol karena dapat mengeringkan atau merusak rambut.

Melansir The Spruce, hairspray yang mengandung alkohol benar-benar mampu menghilangkan noda tinta yang masih segar.

Namun, untuk noda tinta yang sudah lama mengering tidak akan mudah hilang, apa pun jenis pembersih yang kita coba gunakan.

Meski hairspray saat ini kebanyakan tidak mengandung alkohol, bukan berarti kita menyerah begitu saja.

Kita bisa mencari hairspray yang memiliki kandungan alkohol dengan membaca bahan-bahan apa yang terkandung pada hairspray yang akan dibeli.

Lalu, perlu diketahui bahwa ada beberapa tinta berbahan dasar air. Untuk tinta jenis ini memang lebih mudah untuk dibersihkan, cukup menggunakan kombinasi alkohol, sabun biasa dan air cucian.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Noda Tinta di Permukaan Berbahan Kulit



Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.