Kompas.com - 02/06/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi anak minum susu PurestockIlustrasi anak minum susu
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hari Susu Sedunia atau World Milk Day diperingati setiap tanggal 1 Juni untuk terus mengingatkan pentingnya minum susu sebagai nutrisi harian tubuh.

Beragam manfaat susu pun tidak hanya dapat dirasakan oleh bayi, anak-anak, dan remaja saja yang masih mengalami pertumbuhan, tetapi juga bagi orang dewasa maupun orang lanjut usia (lansia).

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS mengatakan bahwa susu mengandung protein yang baik untuk kekuatan tulang dan memberikan energi setiap harinya.

Selain itu, vitamin yang terkandung di dalam setiap gelas susu juga dapat membuat tidur kita lebih nyenyak di malam hari.

"Kandungan vitamin B12 banyak sekali ditemukan di produk hewani, termasuk susu, yang membuat tidur kita lebih nyenyak," terangnya dalam e-talkshow Frisian Flag Indonesia melalui aplikasi Zoom, Rabu (2/6/2021).

"Ada lagi namanya zat triptofan, salah satu asam amino sebagai sumber protein di dalam susu yang meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur kita," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Minum Susu di Botol hingga Tertidur, Mengapa?

Adapun vitamin lain di dalam susu yang baik bagi kesehatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh yakni vitamin B6, magnesium, dan kalsium.

"Kita juga harus mengikuti panduan gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menganjurkan untuk minum segelas susu karena ada cukup banyak zat yang membuat tidur lebih baik," jelasnya.

Hardinsyah menambahkan bahwa setiap orang memiliki jenis susu yang berbeda-beda untuk dikonsumsi, tergantung usia dan kebutuhannya. Namun, paling tidak kita dapat meminumnya satu gelas sehari.

"Kalau untuk bayi, balita, dan ibu hamil mungkin kebutuhan susunya lebih dari satu gelas dalam sehari," ungkapnya.

"Kemudian, sebelum mengonsumsi susu, perhatikan juga apakah kita alergi terhadap laktosa atau tidak, sehingga susu bisa digantikan dengan protein yang lain," imbuh dia.

Baca juga: 5 Mitos tentang Kebiasaan Minum Susu pada Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.