Kompas.com - 03/06/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi makan shutterstockIlustrasi makan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa makanan bisa menghindarkan kita dari peradangan atau inflamasi. Tapi ada juga makanan yang bisa menyebabkan peradangan.

Peradangan adalah proses yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Tapi bila itu berlangsung terlalu lama, tubuh kita menjadi terganggu,” kata Rania Batayneh, MPH, pemilik Essential Nutrition For You dan penulis The One One One Diet.

Peradangan yang tidak terkontrol berperan dalam munculnya penyakit tertentu termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, alzheimer, dan bahkan depresi.

Peradangan kronis merupakan respons jangka panjang yang berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun ketika sistem kekebalan tubuh gagal menghilangkan masalah yang muncul.

Jika peradangan tidak dikendalikan, sel darah putih akan menyerang jaringan dan organ yang sehat sehingga menyebabkan proses inflamasi kronis.

Gejalanya meliputi kelelahan, kecemasan, penambahan berat badan, nyeri, dan infeksi yang lebih sering dari biasanya, tetapi seringkali kita tidak menyadari hal ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti halnya ada makanan yang bisa memicu sel-sel untuk tenang (alias anti-peradangan), ada pula makanan tertentu yang menyebabkan peradangan, bila dikonsumsi secara sering dan berlebihan.

Baca juga: 4 Superfood yang Bantu Kurangi Peradangan Tubuh

Nah, Batayneh dan Rachel Fine, R.D., ahli diet terdaftar dan pemilik firma konseling nutrisi To The Pointe Nutrition, mengungkapkan 5 makanan yang terkenal bisa sebabkan peradangan, dan kita perlu tahu akan itu:

1. Gula tambahan

“Bagi kebanyakan orang, makanan penyebab utama peradangan adalah gula. Gula membuat tubuh melepaskan sitokin, yang merupakan pembawa pesan inflamasi, ”kata Batayneh.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.