Kompas.com - 03/06/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang pasti pernah mengidam makanan atau memiliki keinginan yang tak tertahankan untuk mengonsumsi makanan atau camilan tertentu. Faktanya, diperkirakan lebih dari 90 persen populasi dunia mengidam makanan (food craving).

Jika rasa ngidam datang, bisa sulit untuk diabaikan dan seringnya kita mengonsumsi makanan padat kalori dan rendah nutrisi dalam jumlah yang berlebihan sehingga dapat membahayakan kesehatan.

Baca juga: Mengidam Makanan Manis atau Asin, Bisa Jadi 3 Hal Ini Pemicunya

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat 10 cara efektif berbasis bukti untuk mengelola hasrat makan, seperti yang dilansir dari laman Healthline.

1. Makan cukup kalori

Tanpa kalori dan nutrisi yang cukup, wajar jika tubuh memberi sinyal untuk makan dan timbul dorongan kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet pembatasan kalori — setidaknya dalam jangka pendek — justru dapat meningkatkan hasrat makan.

Di sisi lain, pembatasan kalori jangka panjang dapat dikaitkan dengan keinginan makan yang lebih sedikit secara keseluruhan dan spesifik.

Baca juga: Durasi Olahraga Ideal untuk Mengimbangi Nafsu Makan Besar

2. Hindari diet ketat

Banyak diet yang terlalu ketat dengan berpantang berbagai jenis makanan. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya keinginan untuk makan.

Dari pada diet ketat dengan menghindari makanan-makanan tertentu, pilih pola makan bergizi seimbang dan rendah kalori dengan pengawasan dokter.

Baca juga: Mengapa Diet Ketat Tak Selalu Dibutuhkan Orang Gemuk

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.