Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2021, 15:03 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai salah satu pencetus gerakan pop art di era 1950-an, nama seniman Andy Warhol terus dikenang warga Amerika, bahkan dunia sampai saat ini.

Ia pernah bekerja sebagai penerbit, penulis, aktor, dan produser rekaman sebelum meninggal dunia pada 22 Februari 1987.

Selain berkarya, Warhol juga dikenal mengoleksi banyak jam tangan. Ia dilaporkan memiliki lebih dari 300 jam tangan, termasuk yang langka dari Patek Philippe.

Tidak lama lagi, salah satu jam tangan milik Warhol, Calatrava ref 570 akan dilelang di rumah lelang Christie's.

Diperkirakan, jam tangan itu akan terjual di kisaran harga 45.000 dollar AS-95.000 dollar AS, atau sekitar Rp 643 juta-Rp 1,3 miliar.

Calatrava ref 570 Andy Warhol Calatrava ref 570 Andy Warhol
Sebagai catatan, model jam tangan serupa yang dilepas di balai lelang Sotheby's tahun lalu hanya terjual di bawah 18.000 dollar AS atau setara Rp 257 juta.

Dari situ kita bisa menyadari, nama Warhol turut andil dalam melambungkan harga jam tersebut.

Casing Calatrava ref 570 berbahan emas kuning 18 karat ini tampak elegan, agak kontras dengan pop art Warhol yang cenderung ramai.

Daya tarik jam ini juga terlihat di bagian dial yang bertuliskan dua nama perusahaan. Pertama, pembuat jam Patek Philippe di bawah angka 12, kemudian pengecer Hausman & co di atas angka 6.

Hausman & co didirikan di Roma, Italia pada tahun 1974, dan sampai saat ini masih aktif memproduksi jam tangan.

Spesialis jam tangan di Christie's, Remi Guillemin, meyakini sejarah dan narasi unik di balik karya ini adalah sesuatu yang dicari oleh banyak orang.

"Jam tangan yang hidup seperti referensi Patek Philippe 570 yang sebelumnya dimiliki Andy Warhol pasti akan menggairahkan audiens dan kolektor kami," tutur Guillemin dalam keterangan pers.

Lelang jam tangan milik Warhol merupakan bagian dari acara Watches Online: The New York Edition yang akan diselenggarakan pada tangga; 8-22 Agustus mendatang.

Apabila tidak menyukai model jam tangan Warhol, bisa memilih model lain dari Cartier yang juga akan dilelang dalam acara tersebut.

Baca juga: Arloji Patek Philippe Langka yang Hilang Ditawarkan Seharga Rp 55 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com