Kompas.com - 03/06/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi bulu mata ShutterstockIlustrasi bulu mata

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengatakan mata adalah jendela jiwa. Tetapi, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mata juga merupakan jendela ke otak.

Pupil mata kita ternyata merespon lebih dari sekedar cahaya. Bahkan, pelebaran pupil sering digunakan oleh FBI untuk mendeteksi penipuan.

Penelitian yang dilakukan di Georgia Institute of Technology memperlihatkan bahwa ukuran pupil terkait erat dengan perbedaan kecerdasan individu.

Semakin besar pupil mata seseorang, maka akan semakin tinggi pula kecerdasan yang dimiliki. Semuanya ini diukur melalui tes penalaran, perhatian, dan memori.

Baca juga: Humor Ternyata Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Sudah Tahu?

Faktanya, di tiga penelitian, para peneliti menemukan perbedaan ukuran pupil antara orang yang dapat nilai tertinggi pada tes kognitif dan mereka yang mendapat nilai terendah cukup besar untuk dideteksi oleh mata telanjang.

"Kami pertama kali menemukan hubungan mengejutkan ini saat mempelajari perbedaan dalam jumlah upaya mental yang digunakan orang untuk menyelesaikan tugas memori," kata para peneliti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka menggunakan teknik psikolog Daniel Kahneman yang dipopulerkan pada 1960-an dan 1970-an dengan pelebaran pupil sebagai indikator upaya untuk mengetahui kecerdasan masing-masing orang.

Baca juga: Pria yang Baca Buku Ini Lebih Menarik di Mata Wanita

Mengukur pupil mata

Penelitian berskala besar ini melibatkan lebih dari 500 orang berusia 18 hingga 35 tahun dari komunitas Atlanta.

Para peneliti mengukur ukuran pupil peserta menggunakan pelacak mata, perangkat yang menangkap pantulan cahaya dari pupil dan kornea menggunakan kamera, serta komputer berdaya tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.