Kompas.com - 03/06/2021, 17:05 WIB
Wisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018). KOMPAS.com/NURSITA SARIWisatawan mengenakan kimono saat jalan-jalan di kawasan Miyuki-dori, Himeji, Jepang, Minggu (4/3/2018).

KOMPAS.com - Cultural appropriation memang menjadi isu yang relatif baru di Indonesia. Namun publik dunia sudah lebih lama menyoroti praktik perampasan budaya ini khususnya yang dilakukan para pesohor.

Isu apropriasi budaya semakin santer terdengar seiring dengan gerakan kesetaraan yang melanda dunia termasuk Black Lives Matter.

Banyak yang berpendapat, setiap budaya harus diperlakukan dan dihormati setara.

Penerapannya termasuk dengan melarang eksploitasi budaya yang hanya bertujuan untuk keuntungan pribadi. Apalagi jika pelakunya hanya sekedar numpang tenar atau demi terlihat fashionable tanpa keinginan memahami akar budayanya.

Baca juga: Cultural Appropriation Vs Cultural Appreciation, Kenali Bedanya

Sayangnya, praktik cultural appropriation masih kerap dijumpai terjadi di lingkup dunia hiburan. Jika saat ini Nagita Slavina yang terjerat isu perampasan budaya ini, sebelumnya banyak selebritis dunia yang pernah mendapat tudingan serupa.

Umumnya berkaitan dengan penampilan mereka yang dianggap menyinggung dan malah merugikan pemilik budaya aslinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapa saja mereka?

Kim Kardashian.SHUTTERSTOCK/ASATUR YESAYANTS Kim Kardashian.

  • Kim Kardashian

Wanita bertubuh curvy ini sudah akrab dengan tuduhan ini. Ia dianggap memanfaatkan budaya orang kulit hitam untuk popularitasnya, meski ia sebenarnya berdarah Armenia.

Ia kerap tampil dengan rambut dreadlocks atau cornrow namun tak pernah berpartisipasi dalam gerakan kesetaraan untuk orang kulit hitam di Amerika.

Ibu dari North West ini juga pernah jadi objek hashtag #KimOhNo karena berupaya mematenkan kata Kimono, pakaian tradisional Jepang, untuk merk pakaian dalamnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.