Kompas.com - 04/06/2021, 08:33 WIB
Gaun ikonik Putri Diana dipamerkan di Istana Kensington, Juni 2021. SAMIR HUSSEIN GETTY IMAGES VIA HARPER'S BAZAARGaun ikonik Putri Diana dipamerkan di Istana Kensington, Juni 2021.

KOMPAS.com - Publik kembali dapat menyaksikan gaun pengantin Putri Diana secara langsung.

Gaun ikonik yang dikenakan Diana ketika menikahi Pangeran Charles di 1981 itu kini secara resmi dipajang di Istana Kensington pada acara pameran terbaru yang bertajuk "Royal Style in the Making".

Melansir Harper's Bazaar, sebelum dibuka untuk publik pada 3 Juni, foto-foto gaun yang terpajang itu sudah dirilis. Membuat publik semakin penasaran untuk melihat gaun bersejarah ini secara langsung.

Meskipun model gaun pengantin terus berkembang dari masa ke masa, namun gaun pengantin Putri Diana tetap memiliki tempat di ingatan dan hati penggemarnya.

Gaun ini juga punya ciri khas tersendiri, yakni garis leher yang lebar, kerah yang dihias, hingga lengan mengembang.

Sisi ikoniknya tentu saja bagian belakang gaun yang menjuntai sepanjang 7,6 meter, menjadikannya salah satu gown train terpanjang sepanjang sejarah kerajaan.

Baca juga: Putri Diana Ternyata Pernah Ingin Pernikahannya Dibatalkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.SAMIR HUSSEIN GETTY IMAGES VIA HARPER'S BAZAAR Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.
Selain gaun pengantin Putri Diana, akan ada sejumlah item ikonik lainnya dari sejarah kerajaan Inggris yang juga tersedia untuk disaksikan.

Menurut kurator pameran, Matthew Storey, pameran musim panas itu akan menyoroti beberapa talenta desain terbesar Inggris yang karyanya telah berperan dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan di abad ke-20.

"Kami akan mengeksplorasi bagaimana kemitraan antara setiap desainer dan klien bekerja, serta mengungkapkan proses di balik terciptanya sejumlah pakaian couture paling penting dalam sejarah kerajaan," katanya melalui pernyataan.

Adapun gaun pengantin Putri Diana tersebut dapat dipajang setelah dipinjamkan oleh putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Pameran baru ini juga dilakukan menjelang ulang tahun ke-60 Diana pada 1 Juli, yang sekaligus akan diperingati dengan merilis patung dari wanita yang meninggal dunia pada 1997 itu di halaman istana.

Baca juga: Rahasia Gaun Pengantin Cadangan Milik Putri Diana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.