Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2021, 15:15 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bedak untuk wajah memiliki berbagai jenis seperti, bedak tabur (loose powder), bedak padat (compact powder), bedak cair (liquid powder), bedak two way cake

Bagi penyuka makeup yang natural, bedak tabur bisa menjadi pilihan, karena bedak ini memiliki tekstur berupa butiran-butiran halus, sehingga cocok sebagai finishing setelah foundation.

Bagi pemilik kulit yang cenderung kering dan mulai ada kerutan, memang perlu trik khusus aplikasi bedak tabur untuk hasil yang maksimal.

Pengaplikasian bedak tabur yang tidak tepat justru dapat memunculkan atau mempertegas garis-garis halus dan pori-pori wajah.

Baca juga: Langkah Mudah Membersihkan Spons Bedak agar Wajah Terhindar dari Kuman

1. Aplikasikan ke spot tertentu saja

Kate Lee, Chanel Makeup Artist di Los Angeles mengatakan bahwa bedak tabur hanya boleh diaplikasikan di tempat yang diperlukan saja, tidak untuk digunakan ke seluruh wajah.

Hal ini dikarenakan produk kecantikan yang satu ini dapat menghilangkan kelembapan. Jika dipakai ke seluruh bagian wajah dapat mengurangi kilau wajah.

Lee juga menyarankan kita untuk menggunakan beauty blender atau beauty sponge yang sedikit lembap sebagai alat untuk mengaplikasikan bedak tabur.

Ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kilau tanpa memberikan hasil akhir seperti melapisi wajah dengan bedak.

Baca juga: Kulit Wajah Kering? Ini Serangkaian Masalah yang Biasanya Mengikuti

Paul Garcia dari YSL Beauty mengatakan jika memang kita lebih menyukai bedak tabur, kita bisa menggunakan brush atau kuas yang tepat, yaitu kuas yang paling lembut sebagai aplikatornya.

Selain pemilihan brush yang tepat, kita bisa mengaplikasikan bedak tabur ini dari dahi hingga dagu saja.

2. Fokus pada bagian tengah wajah saja

Garcia menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia, sama pentingnya untuk memfokuskan penggunaan bedak di bagian tengah wajah, seperti pipi dan hidung. Sebab bagian itu cenderung tidak tertutupi secara sempurna oleh bedak karena smile line kita.

Jika memungkinkan, hindari area yang akan memperlihatkan garis-garis halus terlihat, seperti di sekitar bibir, mata, dan dahi.

Baca juga: BB Cushion Mampu Samarkan Noda Wajah, Apa Bedanya dengan Foundation?

3. Pertimbangkan untuk menggunakan jenis bedak lainnya

"Saya tidak menggunakan bedak tabur sama sekali. Saya lebih suka menggunakan produk anti kilap lainnya sebagai gantinya," kata Lee.

Jika memang perlu menggunakan bedak tabur, Lee menyarankan untuk menggunakan transculent powder atau bedak berwarna putih yang transparan, dimana ketika dibaurkan dengan kuas bedak ini tidak akan mengubah warna dari makeup sebelumnya.

Baca juga: Mengontrol Kulit Berminyak Tanpa Pakai Bedak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com