Kompas.com - 05/06/2021, 13:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah terlintas di pikiran kita kenapa anjing bisa mengerti terhadap apa yang kita sampaikan, seakan memang bisa berkomunikasi dengan baik? 

Uniknya, ketika diingat-ingat kembali, banyak di antara kita tidak pernah memberikan pelatihan secara khusus pada anjing untuk berkomunikasi. 

Nah, sebuah penelitian menemukan bahwa ada alasan mengapa anjing bisa berkomunikasi dengan kita, meski kita tidak pernah mengajarinya.

Para peneliti di University of Arizona mengamati 375 anak anjing retriever berusia delapan setengah minggu dan menemukan bahwa mereka mirip dengan bayi manusia.

Anak anjing mewarisi kecerdasan komunikasi dari induknya, seperti bayi. Beberapa anak anjing mengerti dan mengikuti isyarat sosial seperti menunjuk, menatap mata dan lainnya, meskipun tidak mendapatkan pelatihan sosial khusus.

Dalam penelitian ini, sejumlah anak anjing mampu menemukan makanan tersembunyi hanya dengan mengikuti tunjukan jari atau pandangan peneliti, tanpa harus diajari untuk melakukannya.

Selain itu, anak-anak anjing itu secara genetik terkait dengan anak-anak anjing lain yang memiliki sifat yang sama.

"Ini membuat kami menyimpulkan bahwa anak anjing secara biologis memiliki keterampilan bawaan semacam ini."

Demikian penjelasan dari Emily E. Bray, rekan penulis riset, rekan penelitian pasca-doktoral di Arizona Canine Cognition Center.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Anjing Begitu Setia pada Tuannya

Para peneliti menduga bahwa hewan yang secara alami pandai berkomunikasi dengan manusia lebih mungkin untuk dijinakkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.